PENGARUH PELAYANAN MA AL-CHOLILI TERHADAP KEPUASAN SISWA
Abstrak
Kepuasan pembeli tergantung pada kinerja karyawan dalam pemenuhan harapan pembeli. Pelayanan menjadi cara untuk menarik minat dan memberikan suatu kepuasan kepada pelanggan, yang mana hal tersebut dapat diukur oleh kepuasan konsumen. Kepuasan merupakan perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan kinerja produk yang dipikirkan terhadap kinerja yang diharapkan jika kinerja berada dibawah harapan, pelanggan tidak puas, jika kinerja memenuhi harapan, pelanggan puas, jika kinerja melebihi harapan, pelanggan amat puas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pelayanan MA Al-Cholili terhadap kepuasan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, metode pengumpulan data menggunakan metode angket, dokumenter, observasi dan interview. Subjek penelitian ini adalah siswa MA Al-Cholili dari kelas X samapai dengan kelas XII dengan jumlah populasi sebanyak 30 siswa. Analisis data menggunakan software computer statistical package for Social Scinece (SPSS) versi 17,0 for windows. Uji hipotesis untuk mengetahui pengaruh pelayanan MA Al-Cholili terhadap kepuasan siswa dengan hasil Fhitung = 2502,886668 > Ftabel = 4,195971707 maka H0 ditolak atau Ha diterima. Atau bisa juga dengan membandingkan nilai P-value = 0,000 < α = 0,05, maka Ha diterima oleh karena itu pelayanan MA Al-Cholili berpengaruh terhadap kepuasan siswa. persentase pelayanan MA Al-Cholili menurut hasil output sebesar 98,9%, persentase pelayanan MA Al-Cholili tersebut menunjukkan bahwa pengaruh pelayanan MA Al-Cholili terhadap kepuasan siswa pengaruhnya sangat tinggi dapat diartikan pelayanan MA Al-Cholili terhadap kepuasan siswa mempunyai sumbangan efektif sebesar 98,9%. Kepuasan siswa dapat disimpulkan berasal dari pelayanan MA Al-Cholili yang baik dalam proses pembelajaran ataupun kegiatan-kegiatan lainnya.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Hadi, Sutrisno. (2004). Metodologi Research, Yogyakarta; Andi
Kotler P. Manajemen Pemasaran. New Jersey: Pearson Education, Inc 2006.
Lambrie I. Manajemen Anggaran Berbasis Kinerja. LaksBang PRESSindo, Yogyakarta 2011.
Martono, Nanang. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Nawari. (2010). Analisis Regresi dengan MS Excel 2007 dan SPSS 17, Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Oentoro D. Manajemen Pemasaran Modern. LaksBang PRESSindo, Yogyakarta 2010.
Pramana T. Manajemen risiko Bisnis. Sinar Ilmu Publishing 2011
Rahmawati D. Pengaruh Pemanfataan Teknologi Informasi Terhadap Kualitas Pelayanan Pegawai Administrasi Dan Pengaruh Kualitas Pelayanan Pegawai Administrasi Terhadap Kepuasan Mahasiswa Di Lingkungan FISE UNY. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. VIII. 02. 18-29
Setyosari, Punaji. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana
Srinadi, G. A. M., Nilakusumawati, D. P. E. 2008. Faktor-faktor Penentu Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Fakultas Sebagai Lembaga Pendidikan. Cakrawala Pendidikan. XXVII. 03. 217-231
Sugiyono. (2012). Statistik nonparametris, Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatanm Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sulistyo, Joko. (2010). 6 Hari Jago SPSS 17, Yogyakarta: Cakrawala
Supeli A. Manajemen Pemasaran Global. Center Por Society Studies (CSS), Tegal Gede Jember 2010.
Supriansyah, Haris. (2009). Buku Pintar Microsoft Office Excel Seri Junior Programmer, Gedung Bumi Padjadjaran: OASE Media.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.