Evaluasi Kebijakan Sistem Zonasi Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMPN Kabupaten Tanah Datar

  • Muhammad Jamil UIN Mahmud Yunus Batusangkar, indonesia
  • Suswati Hendriani UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia
  • Devy Aisyah UIN Mahmud Yunus Batusangkar, indonesia
Kata Kunci: Evaluasi Kebijakan Pendidikan, Sistem Zonasi, PPDB

Abstrak

Penelitian ini mengenai penerimaan peserta didik baru (PPDB) di SMPN Kabupaten Tanah Datar dengan menggunakan sistem zonasi. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah penerapannya, serta faktor pendukung dan penghambat dalam PPDB dengan menggunakan sistem zonasi di SMPN Kabupaten Tanah Datar. penelitian ini memakai metode kualitatif dengan jenis fenomenologi. Instrumen penelitian ini ialah peneliti sendiri serta ditambah dengan buku catatan, alat perekam, dokumen lainnya sebagai pendukungnya. Sumber data didapatkan dari kepsek, guru, wali murid serta siswa/wi di 7 SMPN Kabupaten Tanah Datar. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. validasi data menggunakan metode triangluasi lalu dianalisis dengan memakai model Miles dan Hubermen yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan inferensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam implementasi kebijakan sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) di SMPN Kabupaten Tanah Datar selama 3 tahun ini, terdapat beberapa permasalahan yang ditemui dilapangan seperti pemetaan zona oleh pemda yang belum akurat, kuota yang ditetapkan belum sesuai dengan kebutuhan sekolah, regulasi yang belum tegas sehingga masih adanya sekolah yang melanggar ketentuan zonasi dalam PPDB, masih kurangnya sosialisasi kepada masyarakat serta motivasi dan prestasi belajar siswa/wi menurun. Kesimpulan dalam penelitian ini ialah pemerintah sebagai pemangku kepentingan didalam pendidikan perlu melakukan evaluasi terutama dalam kebijakan pendidikan guna untuk menilai serta mengukur apakah sistem zonasi dalam PPDB ini sudah terlaksana dengan baik atau belum, apa saja yang perlu diperbaiki dan dibenahi serta dapat memberikan masukan-masukan agar kebijakan sistem zonasi dalam PPDB ini lebih baik lagi kedepannya.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Andina, E. 2017. Sistem Zonasi dan Dampak Psikososial Bagi Peserta Didik. Majalah Info Singkat Bidang Kesejahteraan Sosial Puslit Badan Keahlian DPR, IX(14), 9–12.

Aqib Ardiansyah, D. H. K. 2019. Evaluasi Program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sistem Zonasi Di Kabupaten Brebes Menggunakan Model CIIP 2. 9(2), 186–195.

Ardhi, M. 2015. Evaluasi Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Real Time Online Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 8(1), 80–94.

Ari, F. 2020. Transformasi Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Arikunto, S. 2014. (Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arwildayanto, Dr. Arifin Suking, W. T. S. 2018. (Analisis Kebijakan Pemerintah). Bandung: Cendikia Press.

Azhar, M., & Satriawan, D. A. 2018. Implementasi Kebijakan Energi Baru dan Energi Terbarukan Dalam Rangka Ketahanan Energi Nasional. Administrative Law and Governance Journal, 1(4), 398–412. https://doi.org/10.14710/alj.v1i4.398-412

Dian Purwanti, dkk 2019. (Evektifitas Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Sistem Zonasi Bagi Siswa Rawan Melanjutkan Pendidikan) https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/dinamika/article/view/1737.

Desi Wulandari, A. H. 2018. Pengaruh Penerimaan Peserta Didik Baru Melalui Sistem Zonasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa. 1–15.

Fattah, N. 2013. (Analisis Kebijakan Pendidikan). Bandung: Remaja Rosda Karya.

Grafika, T. R. 2007. (Undang-undang Sisdiknas 2003). Jakarta: Sinar Grafika.

Hajaroh, M., Studi, P. 2018. Teori, P., Evaluasi, P., & Kebijakan, E. (Metode , Nilai dan Menilai , Penggunaan). Foundasia, IX(1), 27–42.

Halimah, N. 2020. Evaluasi Kebijakan Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru di SMP Negeri Tangerang Selatan (Study Kasus SMPN 03 dan SMPN 17 Tangerang Selatan).

I Gusti Putu Darya. 2020. Evaluasi Implementasi Sistem Penerimaan Peserta Didik baru (PPDB) di Kota Balikpapan. Jurnal Penelitian Pendidikan (JPP) Universitas Pendidikan Indonesia 20(1), 32–41

Lengkana, A. S., & Sofa, N. S. N. 2017. Kebijakan Pendidikan Jasmani dalam Pendidikan. Jurnal Olahraga, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.37742/jo.v3i1.67

Miles, H. 1992. (Qualitative Data Analysis). Jakarta: Unversitas Indonesia Press.

Mutiarin, D. 2017. Evaluasi Penerapan Siap PPDB Online Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan 21(2), 83–99.

Prasetyo Hidayat, Sulton Djasmi, S., & FKIP. 2013. Evaluasi Penjamin Mutu Pendidikan di SMP 1 Negeri Abung Barat Lampung Utara. Jurnal FKIP Unila/16951

Surya. 2015. (Teori Pendidikan). Bandung: Cendikia Press.

Diterbitkan
2023-08-10
Bagian
Articles