Identifikasi Motivasi Belajar Anak Didik Pra-sekolah Melalui Game Pengenalan Bentuk Geometri

  • Arbi Fadilah Akbar Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Tedjo Darmanto Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Azhari Azhari Universitas Islam Nusantara, Indonesia

Abstrak

Pembelajaran berbasis game yang berkaitan dengan bentuk geometri dapat dikategorikan sebagai seious game yang dapat dipergunakan untuk meningkatkan motivasi belajar anak didik pra-sekolah. Pada penelitian ini pembelajaran dilakukan melalui game tentang pengenalan obyek berbentuk geometri dan dapat dipilih yang ditampilkan dengan warna-warni yang dapat diubah secara acak dengan urutan tertentu. Motivasi belajar dapat diidentifikasi berdasarkan kriteria pemilihan obyek yang dijadikan acuan pemilihan obyek lainnya agar menjadi serupa.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Akollo, J. G., Tarumasely, Y., & Surur, M. (2023). Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Teknik Kolase Berbahan Loleba. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 358–373.

Donald, I., Meyer, K., Brengman, J., Gilespie, S. & Bowness, R. 2015. “Project Sanitarium: Gaming TB – A Serious Game for a Serious Problem”.7th International Conference on Games and Virtual Worlds for Serious Applications. Doi: 10.1109/VS-GAMES.2015.7295782

Farihah, H. (2017). Mengembangkan kemampuan berhitung anak usia dini melalui kegiatan bermain stick angka. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 3(1).

Fitria, A. (2013). Mengenalkan dan membelajarkan matematika pada anak usia dini. Muadalah, 1(2).

Guo, J., Singer, N. & bastide, R. 2014. “Design of Serious Game in Training Non-clinical Skills for Professionals in Health care Area”. 3rd International Conference on Games and Virtual Worlds for Serious Applications. Doi: 10.1109/SeGAH.2014.7067096

Juniati, W., & Hazizah, N. (2020). Pengaruh permainan sorting color dalam meningkatkan kemampuan klasifikasi pra-matematika di taman kanak-kanak islam budi mulia. Jurnal Golden Age, 4(01), 143–151.

Mustama, M. F., Zainuddin, Z., & Areni, I. S. (2017). Aplikasi Animasi 3D Berbasis Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Metamorfosis Pada Serangga. Makasar: Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin.

Piedra-Fernadez, J.A., Cangas, A.J., Ojeda-castelo, J.J., Cangas, D. & Fernadez-Garcia, A.J. 2016. “Stigma-Stop a Serious Game against the Stigma in Mental Disorders”.8th International Conference on Games and Virtual Worlds for Serious Applications. Doi: 10.1109/VS-GAME S.2016.7590367

Pinasthika, L. T. (2017). Pengaruh Pendidikan Montessori Terhadap Konsep Bermain Anak. Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual, 10(1), 56–66.Piedra-Fernadez, J.A., Cangas, A.J., Ojeda-castelo, J.J., Cangas, D. & Fernadez-Garcia, A.J. 2016. “Stigma-Stop a Serious Game against the Stigma in Mental Disorders”.8th International Conference on Games and Virtual Worlds for Serious Applications. Doi: 10.1109/VS-GAME S.2016.7590367

Perez-Colado, I.J., Rotaru, D.C., Freire-Moran, M., Martinez-Ortiz, I. & Fernandez-Manjon, B. 2018. “Multi-Level Game Learning Analytics for Serious Games”.10th International Conference on Game s and Virtual Worlds for Serious Applications. Doi: 10.1109/VS-GAME S.2018.8493435

Riani, D., & Maryani, K. (2022). Penggunaan Alat Peraga dalam Pengenalan Konsep Matematika pada Anak Usia Dini di TK Al-Falah Kota Cilegon. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 56–68.

Rizvic, S. & Prazina, I. 2015. “Taslihan Virtual Reconstruction – Interactive Digital Story or a Serious Game”. 7th International Conference on Games and Virtual Worlds for Serious Applications. Doi: 10.1109/VS-GAMES.2015.7295786

Sit, M., Arlina, A., & Widai, W. (2021). Pengaruh Permainan Super Smart Kids Terhadap Kecerdasan Logika-Matematika Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 6(2), 155–165.

Susilowati, E., Fathonah, N., Astutik, E. P., Hadi, S., & Prayitno, L. L. (2020). Pendampingan Bunda PAUD dalam Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Sederhana untuk Pengenalan Konsep Bangun Datar. Jurnal SOLMA, 9(1), 131–142.

Slimani, A., Elaachak, L., Elquaai, F. & Bouhorma, M. 2016. “Evaluation-Driven Design for Serious Games, the Multilayer Methodology and Collaborative Framework”. 8th International Conference on Games and Virtual Worlds for Serious Applications. Doi: 10.1109/VS-GAMES.2016.7590347

Zavcer, G., Mayr, S. & Petta, P. 2014. “Design Pattern Canvas: Towards Co-Creation of Unified Serious Game Design Patterns”. 6th International Conference on Games and Virtual Worlds for Serious Applications. Doi: 10.1109/VS-GAMES.2014.7012153

Uno, H. B., & Umar, M. K. (2023). Mengelola kecerdasan dalam pembelajaran: sebuah konsep pembelajaran berbasis kecerdasan. Bumi Aksara.

Diterbitkan
2023-09-05
Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##