Kajian Etnomatematika pada Aktifitas Tengkulak dalam Sistem Tebas Padi Petani di Desa Suboh Situbondo
Abstrak
Ketika hampir memasuki masa panen padi, sebagian besar petani di desa Suboh, Kecamatan Suboh, Kabupaten Situbondo masih sangat bergantung pada system tebas oleh tengkulak. Namum ada hal yang membuat peneliti tertarik yaitu ketika tengkulak melakukan perhitungan untuk menentukan tawaran harga kepada petani dengan trik-trik khusus. Peneliti meyakini bahwa pada kegiatan tersebut sarat akan konsep matematika yang mungkin disadari atau tidak oleh tengkulak itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengkaji hubungan matematika dengan budaya khususnya pada aktifitas tengkulak dalam sistem tebas panen padi petani. Penelitian ini tergolong menjadi penelitian kualitatif dengan desain penelitian etnografi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 3 orang tengkulak yang dipilih secara purposive sampling area yang biasa membeli komoditas pertanian padi petani dengan sistem tebas di sawah. Data dalam penelitian ini yaitu data yang diambil atau dikumpulkan secara langsung oleh peneliti kepada subjek penelitian/narasumber, antara lain data observasi dan data hasil wawancara (semi terstruktur). Teknik analisis data melewati tahap reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa aktifitas fundamental matematis yang dilakukan tengkulak yaitu measuring, designing, locating, playing, counting, explaining. Sedangkan konsep matematis yang terlihat pada kegiatan itu antara lain konsep panjang dan lebar, luas persegi panjang, barisan dan deret aritmetika, untung rugi, logika
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Daswarman, R. A. (2017). Pengembangan Modul Luas Dan Keliling Bangun Datar Yang Valid Dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Keunggulan Lokal Di Sekolah Dasar. Jurnal LEMMA, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.22202/jl.2017.v3i1.1209
Fatchiya, A., & Susanto, D. (2018). Program Studi Agribisnis FMIPA, Universitas Terbuka, Tangerang Selatan Departemen Sains Komunikasi dan Pengembagan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor, Bogor. 14(2).
Fauzi, A., & Setiawan, H. (2020). Etnomatematika: Konsep Geometri pada Kerajinan Tradisional Sasak dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 118–128. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4690
Fitriyah, A. (2021). Kajian Etnomatematika terhadap Tradisi Weh-wehan di Kecamatan Kaliwungu Kendal. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 06(01), 50–59. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Gunawan, F. I. (2019). Kajian Etnomatematika Serta Analisis Aktivitas Fundamental Matematis Menurut Bishop Pada Industri Kain Cual Bangka Belitung. 392. https://repository.usd.ac.id/36257/2/181442001_full.pdf
Gunawan, F. I., & Suwarsono, S. (2019). Kajian Etnomatematika Terhadap Permainan Tradisional Di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Prosiding Sendika, 5(1), 458.
Hia, J. J. J., Rowa, Y. R., Lakapu, M., & Bria, K. (2020). Musamus Jurnal of Mathematics Education. 2(April), 92–101.
Puspasari, R., Rinawati, A., & Pujisaputra, A. (2021). Pengungkapan Aspek Matematis pada Aktivitas Etnomatematika Produksi Ecoprint di Butik El Hijaaz. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 379–390. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.851
Sunaryo, T. (2019). Indonesia Sebagai Negara Kepulauan. Jurnal Kajian Stratejik Ketahanan Nasional, 2(2), 97–105.
Thiel, O., Severina, E., & Perry, B. (2020). Mathematics in early childhood: Research, reflexive practice and innovative pedagogy. In Mathematics in Early Childhood: Research, Reflexive Practice and Innovative Pedagogy (Issue November). https://doi.org/10.4324/9780429352454
Tisngati, U. (2019). Pembelajaran Matematika Berbasis Kearifan Lokal Menggunakan Model AKIK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FIKIP Muhammadiyah Ponorogo, November, 159–167. http://research-report.umm.ac.id/index.php/semnasmat/article/view/2940
Trymastuty, B., Alfannisa, H. R., & Dianastiti, F. E. (2020). Pemasaran Produk Hasil Pertanian Desa Pasuruhan Kecamatan Mertoyudan Melalui Media Sosial: Strategi Pendampingan Terstruktur. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 116. https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3148
Wahyuningtyas, D. T. (2014). Modul Bangun Datar dan Bangun Ruang. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents. https://repository.unikama.ac.id/797/1/MODUL BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG.pdf
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.