Kajian Etnomatematika pada Aktifitas Tengkulak dalam Sistem Tebas Padi Petani di Desa Suboh Situbondo

  • Zainul Munawwir STKIP PGRI Situbondo, Indonesia
  • Lisma Dian Kartika Sari STKIP PGRI Situbondo, Indonesia
  • Fredi Yatmo Dwi Harjo STKIP PGRI Situbondo, Indonesia
  • Anisyah Aulia Masruro STKIP PGRI Situbondo, Indonesia
Kata Kunci: etnomatematika, tengkulak, system ttebas, aktifitas fundamental matematis, aspek matematis

Abstrak

Ketika hampir memasuki masa panen padi, sebagian besar petani di desa Suboh, Kecamatan Suboh, Kabupaten Situbondo masih sangat bergantung pada system tebas oleh tengkulak. Namum ada hal yang membuat peneliti tertarik yaitu ketika tengkulak melakukan perhitungan untuk menentukan tawaran harga kepada petani dengan trik-trik khusus. Peneliti meyakini bahwa pada kegiatan tersebut sarat akan konsep matematika yang mungkin disadari atau tidak oleh tengkulak itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengkaji hubungan matematika  dengan budaya khususnya pada aktifitas tengkulak dalam sistem tebas panen padi petani. Penelitian ini tergolong menjadi penelitian kualitatif dengan desain penelitian etnografi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 3 orang tengkulak yang dipilih secara purposive sampling area yang biasa membeli komoditas pertanian padi petani dengan sistem tebas di sawah. Data dalam penelitian ini yaitu data yang diambil atau dikumpulkan secara langsung oleh peneliti kepada subjek penelitian/narasumber, antara lain data observasi dan data hasil wawancara (semi terstruktur). Teknik analisis data melewati tahap reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa aktifitas fundamental matematis yang dilakukan tengkulak yaitu measuring, designing, locating, playing, counting, explaining. Sedangkan konsep matematis yang terlihat pada kegiatan itu antara lain konsep panjang dan lebar, luas persegi panjang, barisan dan deret aritmetika, untung rugi, logika

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Daswarman, R. A. (2017). Pengembangan Modul Luas Dan Keliling Bangun Datar Yang Valid Dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Keunggulan Lokal Di Sekolah Dasar. Jurnal LEMMA, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.22202/jl.2017.v3i1.1209

Fatchiya, A., & Susanto, D. (2018). Program Studi Agribisnis FMIPA, Universitas Terbuka, Tangerang Selatan Departemen Sains Komunikasi dan Pengembagan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor, Bogor. 14(2).

Fauzi, A., & Setiawan, H. (2020). Etnomatematika: Konsep Geometri pada Kerajinan Tradisional Sasak dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 118–128. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4690

Fitriyah, A. (2021). Kajian Etnomatematika terhadap Tradisi Weh-wehan di Kecamatan Kaliwungu Kendal. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 06(01), 50–59. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Gunawan, F. I. (2019). Kajian Etnomatematika Serta Analisis Aktivitas Fundamental Matematis Menurut Bishop Pada Industri Kain Cual Bangka Belitung. 392. https://repository.usd.ac.id/36257/2/181442001_full.pdf

Gunawan, F. I., & Suwarsono, S. (2019). Kajian Etnomatematika Terhadap Permainan Tradisional Di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Prosiding Sendika, 5(1), 458.

Hia, J. J. J., Rowa, Y. R., Lakapu, M., & Bria, K. (2020). Musamus Jurnal of Mathematics Education. 2(April), 92–101.

Puspasari, R., Rinawati, A., & Pujisaputra, A. (2021). Pengungkapan Aspek Matematis pada Aktivitas Etnomatematika Produksi Ecoprint di Butik El Hijaaz. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 379–390. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.851

Sunaryo, T. (2019). Indonesia Sebagai Negara Kepulauan. Jurnal Kajian Stratejik Ketahanan Nasional, 2(2), 97–105.

Thiel, O., Severina, E., & Perry, B. (2020). Mathematics in early childhood: Research, reflexive practice and innovative pedagogy. In Mathematics in Early Childhood: Research, Reflexive Practice and Innovative Pedagogy (Issue November). https://doi.org/10.4324/9780429352454

Tisngati, U. (2019). Pembelajaran Matematika Berbasis Kearifan Lokal Menggunakan Model AKIK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FIKIP Muhammadiyah Ponorogo, November, 159–167. http://research-report.umm.ac.id/index.php/semnasmat/article/view/2940

Trymastuty, B., Alfannisa, H. R., & Dianastiti, F. E. (2020). Pemasaran Produk Hasil Pertanian Desa Pasuruhan Kecamatan Mertoyudan Melalui Media Sosial: Strategi Pendampingan Terstruktur. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 116. https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3148

Wahyuningtyas, D. T. (2014). Modul Bangun Datar dan Bangun Ruang. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents. https://repository.unikama.ac.id/797/1/MODUL BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG.pdf

Diterbitkan
2023-06-01
Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##