Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Kemampuan Menjelaskan Energi Alternatif Siswa Kelas IV SDN Mojoroto 4 Kota Kediri
Abstrak
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh peningkatan kemampuan menjelaskan sumber energi alternatif dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian nonrandomized pretest-posttest control group design. Instrumen pengumpulan data yaitu dengan menggunakan tes dan teknik analisis data dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis (menggunakan uji-t). Berdasarkan hasil analisis, penggunaan model pembelajaran learning cycle 5E berpengaruh terhadap kemampuan menjelaskan energi alternatif. Dari hasil analisis yang dilakukan terbukti dengan hasil (1) penggunaan model pembelajaran learning cycle 5E berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menjelaskan energi alternatif pada siswa kelas IV SDN Mojoroto 4 Kota Kediri dengan ketuntasan klaksikal 85,07%, (2) pengunaan model pembelajaran konvensional tidak berpengaruh signifikan terhadapa kemampuan menjelaskan energi alternatif siswa kelas IV SDN Mojoroto 4 Kota Kediri dengan ketuntasan klaksikal 54,9%, (3) ada perbedaan pengaruh yang sangat signifikan antara penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan model pembelajaran Konvensional terhadap kemampuan menjelasakan energi alternatif dengan keunggulan pada penggunaan model learning cycle 5E. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya perbedaan pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5E dan penggunaan model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan menjelaskan siswa pada muatan IPA materi Energi Alternatif.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Amri, Sofan. 2013. Pengembangan Dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013.Jakarta: Prestasi Putakarya.
Astriani D. Model Pembelajaran Learning Cycle 5E : Mengaktifkan Siswa. 2016;1(2):71-75.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Cet-9. Jakarata: Rineka Cipta.
Dirman,Juarsih. 2014. Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.
Fajaroh, F., Dasna, I.W. 2003. Penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Kimia Zat Aditif Dalam Bahan Makanan Pada Siswa Kelas II SMU Negeri 1 Tumpang–Malang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Volume 11 No. 2 Oktober 2004, halaman 112–122.
Firman, Juanidi, Arham. 2017. Paradigma Tentang Konsep Fitrah Dalam Pendidikan Islam. Journal.Uhamka. volume 8, No. 2 November, 2017, halaman 123-143.
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Joyce, B and Weil. 2009. Model of teaching (edisi ke-8, cetakan ke-1). Diterjemahlan oleh achmad fuwadi dan atelia mirza. Yogyakarta: pustaka pelajar.
Kemendikbud RI. 2017. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP kelas VIII. Jakarta: Kemendikbud RI.
Ngalimun. 2014. Model Desain Sistem Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Qarareh, Ahmed. O. 2012. The Effect of Using the Learning Cycle Method in Teaching Science on the Educational Achievement of the Sixth Graders. Int J Edu Sci,4(2):123–132. Tersedia pada https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/09751122.2012.11890035, diakses diakses tanggal 30 November 2021).
Rahayu,Sri. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle-5E Dalam Pembelajaran IPA. Batu: Beta Aksara.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Cet-1. Jakarta : Rajawali Pers.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR.Ruzz Media.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Praktiknya. Yogyakarta: Bumi Aksara
Suarni NK, Suadnyana IN, Asri IGAAS. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri 5 Pedungan. J Jur Pendidik Guru Sekol Dasar. 2013;1(1):1-10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1460
Sugiantara IP, Kusmariyatni N, Margunayasa IG. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Di Gugus Vii Kecamatan Buleleng. Mimb PGSD Undiksha. 2013;1(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/673
Yatmin D, Pd M, Laila A, et al. JURNAL PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DI DUKUNG MEDIA BENDA NYATA TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA SISWA KELAS V SDN CAMPUREJO 2 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016 / 2017 Oleh : DISKA DESI INTANSARI Dibimbing oleh : SURAT PERNYATAAN ARTIKEL SKRIPSI TAHUN 2017 Mengetahui. Published online 2017.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.