Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Kemampuan Menjelaskan Energi Alternatif Siswa Kelas IV SDN Mojoroto 4 Kota Kediri

  • Aprilia Aksari Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia
  • Frans Aditia Wiguna Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia
  • Muhamad Basori Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia
Kata Kunci: Learning Cycle 5E, menjelaskan, energi aternatif

Abstrak

Tujuan  penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh peningkatan kemampuan menjelaskan sumber energi alternatif dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian nonrandomized pretest-posttest control group design. Instrumen pengumpulan data yaitu dengan menggunakan tes dan teknik analisis data dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis (menggunakan uji-t). Berdasarkan hasil analisis,  penggunaan model pembelajaran learning cycle 5E berpengaruh terhadap kemampuan menjelaskan energi alternatif. Dari hasil analisis yang dilakukan terbukti dengan hasil (1) penggunaan model pembelajaran learning cycle 5E berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menjelaskan energi alternatif pada siswa kelas IV SDN Mojoroto 4 Kota Kediri dengan ketuntasan klaksikal 85,07%, (2) pengunaan model pembelajaran konvensional tidak berpengaruh signifikan terhadapa kemampuan menjelaskan energi alternatif siswa kelas IV SDN Mojoroto 4 Kota Kediri dengan ketuntasan klaksikal  54,9%, (3) ada perbedaan pengaruh yang sangat signifikan antara penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan model pembelajaran Konvensional terhadap kemampuan menjelasakan energi alternatif dengan keunggulan pada penggunaan model learning cycle 5E. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya perbedaan pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5E dan penggunaan model pembelajaran konvensional dalam  meningkatkan kemampuan menjelaskan siswa pada muatan IPA materi Energi Alternatif.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan Dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013.Jakarta: Prestasi Putakarya.

Astriani D. Model Pembelajaran Learning Cycle 5E : Mengaktifkan Siswa. 2016;1(2):71-75.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Cet-9. Jakarata: Rineka Cipta.

Dirman,Juarsih. 2014. Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Fajaroh, F., Dasna, I.W. 2003. Penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Kimia Zat Aditif Dalam Bahan Makanan Pada Siswa Kelas II SMU Negeri 1 Tumpang–Malang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Volume 11 No. 2 Oktober 2004, halaman 112–122.

Firman, Juanidi, Arham. 2017. Paradigma Tentang Konsep Fitrah Dalam Pendidikan Islam. Journal.Uhamka. volume 8, No. 2 November, 2017, halaman 123-143.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Joyce, B and Weil. 2009. Model of teaching (edisi ke-8, cetakan ke-1). Diterjemahlan oleh achmad fuwadi dan atelia mirza. Yogyakarta: pustaka pelajar.

Kemendikbud RI. 2017. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP kelas VIII. Jakarta: Kemendikbud RI.

Ngalimun. 2014. Model Desain Sistem Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Qarareh, Ahmed. O. 2012. The Effect of Using the Learning Cycle Method in Teaching Science on the Educational Achievement of the Sixth Graders. Int J Edu Sci,4(2):123–132. Tersedia pada https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/09751122.2012.11890035, diakses diakses tanggal 30 November 2021).

Rahayu,Sri. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle-5E Dalam Pembelajaran IPA. Batu: Beta Aksara.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Cet-1. Jakarta : Rajawali Pers.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR.Ruzz Media.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Praktiknya. Yogyakarta: Bumi Aksara

Suarni NK, Suadnyana IN, Asri IGAAS. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri 5 Pedungan. J Jur Pendidik Guru Sekol Dasar. 2013;1(1):1-10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1460

Sugiantara IP, Kusmariyatni N, Margunayasa IG. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Di Gugus Vii Kecamatan Buleleng. Mimb PGSD Undiksha. 2013;1(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/673

Yatmin D, Pd M, Laila A, et al. JURNAL PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DI DUKUNG MEDIA BENDA NYATA TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA SISWA KELAS V SDN CAMPUREJO 2 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016 / 2017 Oleh : DISKA DESI INTANSARI Dibimbing oleh : SURAT PERNYATAAN ARTIKEL SKRIPSI TAHUN 2017 Mengetahui. Published online 2017.

Diterbitkan
2021-12-20
Bagian
Articles