WAinar Graphic Design dengan Pendekatan Berbasis Komunikasi Digital untuk Meningkatkan Psikomotor Keterampilan Mahasiswa

  • Putu Gede Sukarata Politeknik Negeri Bali
  • I Gede Suputra Widharma Politeknik Negeri Bali
Kata Kunci: belajar, efektif, media, model, teknologi

Abstrak

Perkembangan teknologi saat ini sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Teknologi di berbagai bidang kehidupan sangat diperlukan dan sangat membantu kehidupan itu sendiri. Contoh yang ada adalah tergantikannya proses-proses manual menjadi proses-proses digital, walaupun tidak seluruhnya dapat tergantikan. Salah satu contoh proses belajar tatap muka dapat digantikan dengan proses belajar secara online terutama saat ini pandemi Covid-19 yang melanda dunia. Pada penelitian ini peneliti melakukan proses belajar online pada mata kuliah Desain Grafis menggunakan media Whatsapp Group (WAG) sebagai alat berkomunikasi dengan mahasiswa. Pembelajaran mata kuliah Desain Grafis lebih banyak dilakukan secara praktek. Peneliti sudah melakukan observasi dan eksperimen sejak maret tahun 2020. Penyajian materi yang dilakukan adalah dengan teks, gambar dan video. Pada proses komunikasi yang dilakukan menggunakan bahasa-bahasa sehari-hari dan diselingi dengan canda-canda ringan agar para mahasiswa tidak mengalami kebosanan. Penggunaan media whatsapp yang dipilih mengingat penggunaannya sangat familiar digunakan oleh mahasiswa, disamping itu lebih ringan dan dapat digunakan sewaktu-waktu. Isi percakapan di whatsapp akan dapat dilihat selama proses pembelajaran itu sedang berlangsung ataupun tidak berlangsung. Pada akhir pembelajaran peneliti dapat melihat hasil proses pembelajaran dan dapat dinilai dengan baik. Pada semester berikutnya peneliti mengembangkan kembali dengan cara menambahkan materi tambahan melalui video tutorial yang diunggah ke channel youtube di alamat http://youtube.com/c/GeTriRumahProduksi. Hasil yang didapat menjadi lebih baik dan mendekati hasil yang diharapkan dalam proses pembelajaran Desain Grafis. Sehingga dari penilaian peneliti bahwa pembelajaran melalui media whatsapp group ini berhasil meningkatkan psikomotor pada masing-masing mahasiswa.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Gibson, D., Sherry, L., & Havelock, B. (2006). The personal learning planner: Collaboration through online learning and publication. Computers in the Schools, 23(3–4), 55–70. https://doi.org/10.1300/J025v23n03_04
Hade Afriansyah. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Virtual (MPV) Berbasis Video Elearning Moodle. 8, 2614–6967. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana
Hamonangan, T. (2012). Model Pembelajaran Berbasis E-Learning Suatu Tawaran Pembelajaran Masa Kini dan Masa Yang Akan Datang. Pengantar Teknologi Informasi, 1–24. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/viewFile/6998/5990
Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584
Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.
Herrington, A., Herrington, J., Hoban, G., & Reid, D. (2009). Transfer of online professional learning to teachers’ classroom practice. Journal of Interactive Learning Research, 20(2), 189–213.
Mohammad Yazdi. (2012). E-learning sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis teknologi Informasi. Jurnal Ilmua Foristek, 2 (1)(1), 143–152.
Nadziroh, F. (2017). Analisa efektifitas sistem pembelajaran berbasis e-learning. Jurnal Ilmu Komputer Dan Desain Komunikasi Visual (Jikdiskomvis), 2(1), 1–14.
Nurwati, N. (2021). Manajemen Pembelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Pada Program Keahlian Kuliner. 1(1). https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnas2020/article/view/7339
Nuryanti, L. (2004). Model Pembelajaran E-Learning Melalui Homepage Sebagai Media Pembelajaran Sehingga Diharapkan Dapat Meningkatkan Minat Dan Kreativitas Siswa. Abmas, 1(1), 1–6.
Russell, M., Carey, R., Kleiman, G., & Venable, J. D. (2019). Face-to-face and online professional development for mathematics teachers: A comparative study. Online Learning Journal, 13(2), 71–87. https://doi.org/10.24059/OLJ.V13I2.1669
Situmorang, A. S. (2016). Model Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Fkip Universitas HKBP Nommensen T.A 2015/2016. JURNAL Suluh Pendidikan FKIP-UHN, 3(1), 16–17.
Suh, J., & Fulginiti, K. (2012). “Situating the Learning” of Teaching: Implementing Lesson Study at a Professional Development School. School-University Partnerships, 5(2), 24–37.
Wardimansyah Ridwan. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis e-Learning Pada Mata Kuliah Pengembangan Teknologi Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13.
Yuliana, E., & Bahri, S. (2020). Strategi Belajar Dengan Memanfaatkan E-Learning Pada Masa Pandemi Di Sdn 2 Kembang Kerang Aikmel. BADA’A : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 219–228. https://doi.org/10.37216/badaa.v2i2.361
Diterbitkan
2021-12-05
Bagian
Articles