PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ACCELERATED TEACHING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII-D SMP NEGERI 3 SITUBONDO SEMESTER GANJIL PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS EKONOMI)
Abstrak
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat membimbing siswa untuk memiliki kemampuan berpikir kritis. Berpikir kritis dalam menanggapi persoalan dan menerapkan di lingkungan masyarakat sebagai wujud aplikasi. Sayangnya impian tersebut tidak terealisasi. Hal ini disebabkan guru mengalami kesulitan dalam memilih model pembelajaran dan hanya menggunakan satu model pembelajaran dalam mengajar.Rancangan penelitian ini adalah model deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Situbondo dengan objek penelitian siswa kelas VII-D. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data penelitian ini mengunakan analisa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa telah memenuhi standar keberhasilan, yaitu > 75% ketuntasan klasikal. Peningkatan aktivitas belajar dapat dilihat dari perkembangan sebelum tindakan dan setelah tindakan. Sebelum tindakan aktivitas belajar siswa, baik secara individu maupun klasikal, masih di bawah standar ketuntasan yaitu 75%. Pada siklus 1, dari 30 siswa terdapat 16 siswa yang tuntas belajarnya atau sebesar 53% yang memperoleh nilai >75, sedangkan siswa yang tidak tuntas 13% atau sebanyak4 siswa. Aktivitas belajar siswa pada siklus 1 masih tergolong sangat rendah, hal ini ditunjukkan dengan partisipasi aktif dan keterampilan belajar sebesar 53% dan 48%. Rendahnya aktivitas belajar siswa disebabkan oleh siswa masih menyusuaikan diri dengan kelompoknya sehingga perlu adanya peningkatan aktivitas belajar dengan cara guru menjadi fasilator dan memberikan kesempatan siswa untuk memilih ketua dalam kelompoknya sendiri. Meningkatnya interaksi sosial dan saling tertukar ide dalam menjawab soal dengan teman sebangku, keterampilan belajar yang ditunjukkan dalam membuat soal sendiri, memahami soal, kerapian dan sistematika penulisan jawaban dan kemampuan berpikir kreatif baik dalam mengerjakan latihan soal dan tes menunjukkan peningkatan sebesar 62%.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasannya, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Accelerated Teaching dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas VII-D SMP Negeri 3 Situbondo semester.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Depdiknas. 2002. Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Depdiknas.
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Gulo, W. 2002 Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta: Grasindo.
Haryanto. 1997. Penerapan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Hasibuan, J.J. Dkk. 1991. Proses Belajar-Mengajar Keterampilan Dasar Pengajaran Mikro. Bandung: CV. Remaja Rosdakarya
Hobri. 2009. Model-model PembelajaranInovatif. Jember: Pena Salsabila.
Saleh, S. 1998. Statistik Deskriptif. Yokyakarta (UPP) AMPYKPN.
Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudirman. Dkk. 1991. Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2013. MetodePenelitianPendidikan. Bandung: Alfabeta.
Tim Pelatihan Proyek PGSM. 1995. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta :Dirjen Pendidikan Tinggi.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.