Analisis Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Himpunan Kelas VII SMP Negeri 4 Panji Situbondo

  • Dina Anggraini Susanti STKIP PGRI Situbondo
  • Miftahus Surur STKIP PGRI Situbondo
  • Yesi Puspitasari STKIP PGRI Situbondo

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi himpunan di kelas VII SMP NEGERI 4 PANJI. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan keseluruhan jumlah responden 18 siswa. Data yang diperoleh hasil wawancara serta hasil angket/kuesioner kemandirian belajar siswa. Kemandirian belajar dapat dilihat dari 5 indikator, antara lain tanggung jawab, inisiatif, percaya diri, tidak bergantung apda orang lain serta mampu memutuskan tindakan dan disiplin.    

Permasalahan yang sering dihadapi dalam mengerjakan tugas matematika di sekolah menengah adalah minimnya kemandirian belajar siswa, sehingga mengerjakan atau menjawab soal/tugas sering kali meminta jawaban dari teman sebangku atau yang lain. Hal ini diakibatkan karena rendahnya atau tidak punya rasa kemandirian untuk belajar. Penelitian ini merupakan penelitian bertujuan untuk meningkatkan kualitas belajar siswa baik di sekolah maupun di rumah. Faktor yang mempengaruhi yaitu faktor dari diri sendiri dan faktor kondisi keluarga. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan peneliti yang telah menguraikan bahwa kemandirian belajar termasuk pada kategori baik dengan nilai rata skor keseluruhan sebesar 72%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abror, M. H. (2022). Self-Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 233–242. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1676

Agustiani, S., Agustiani, N., & Nurcahyono, N. A. (2021). Analisis Berpikir Literasi Matematika Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMP. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 67–78. https://doi.org/10.46918/equals.v4i2.966

Alisa, N., Musli, A. M., & Aprisal, A. (2022). Pengaruh Gaya Belajar Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Di Sman 1 Majene. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 568–575. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.170

Apriyanto, M. ., & Aliatussa’adah, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 58, 213–224.

Fitriyana, D., & Sutirna. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Himpunan. Journal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 512–520. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1990

Ilmaknun, L., & Ulfah, M. (2023). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(1), 416–423. https://doi.org/10.55338/saintek.v5i1.1401

Indah, R. P., & Farida, A. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 41–47. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i1.1641

Lestari, I., Rosyana, T., & Luvy Sylviana Zhanty. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMP Kelas VII pada Materi Himpunan. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(6), 1841–1848. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.1841-1848

Linasari, R., & Arif, S. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 2(2), 186–194. https://doi.org/10.21154/jtii.v2i2.874

Marniati, Jahring, & Yuliani, W. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Loea. Arus Jurnal Pendidikan, 1(2), 35–40. https://doi.org/10.57250/ajup.v1i2.5

Maruhawa, I. A., Gulo, H., & Zega, N. A. (2025). Edusaintek : Jurnal Pendidikan , Sains dan Teknologi KURIKULUM PADA PEMBELAJARAN IPA DI UPTD SMP NEGERI 1 GUNUNGSITOLI UTARA : Jurnal Pendidikan , Sains dan Teknologi Vol . 12 ( 2 ) 2025 | 868. 12(2), 867–889. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i2.1737

Nurjanah, A., Haerudin, & Dewi Nur, I. R. (2022). Analisis Kemandirian Belajar Matematika Saat Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Siswa SMA. Journal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 589–598. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1961

Rahuma, A. (2024). Analisis Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X SMA Negeri 16 Samarinda. 12(3), 1276–1292. https://doi.org/10.47668/pkwu.v12i3.1763

Salsabila, C. A., Aini, A. N., Putri, N. K., & ... (2023). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas 5 Di Sd Negeri 4 Karangbener Kabupaten Kudus. Proceeding …, 168–176. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/19726/6731

Sholiha, T. A., Kurniati, N., Tyaningsih, R. Y., & Prayitno, S. (2022). Pengaruh Self-Regulated Learning (SRL) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMAN 1 Masbagik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1355–1362. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.745

Sma, S., & Timur, N. H. (2023). PENGARUH KEMAMPUAN DASAR MATEMATIKA DAN KEBIASAAN BELAJAR MANDIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA N 4 HALMAHERA TIMUR Yulismah. 9–17. https://doi.org/10.5281/zenodo.10408245

Supiani, E. M., & Firmansyah, D. (2023). Analisis Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pasca Pembelajaran Daring. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(3), 1125–1134. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17066

Syahruda, S., Bistari, B., & Halidjah, S. (2022). Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Metematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas V Sdit Al-Mumtaz Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(3), 1–8. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i3.53677

Zulaiha, S., Meldina, T., & Ariani, Y. (2023). Analisis Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 109. https://doi.org/10.29240/jpd.v7i1.7440

Published
2025-08-08
How to Cite
Susanti, D., Surur, M., & Puspitasari, Y. (2025). Analisis Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Himpunan Kelas VII SMP Negeri 4 Panji Situbondo. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 13(1), 168 - 178. https://doi.org/10.47668/pkwu.v13i1.1830
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)