Analisis Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Himpunan Kelas VII SMP Negeri 4 Panji Situbondo
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi himpunan di kelas VII SMP NEGERI 4 PANJI. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan keseluruhan jumlah responden 18 siswa. Data yang diperoleh hasil wawancara serta hasil angket/kuesioner kemandirian belajar siswa. Kemandirian belajar dapat dilihat dari 5 indikator, antara lain tanggung jawab, inisiatif, percaya diri, tidak bergantung apda orang lain serta mampu memutuskan tindakan dan disiplin.
Permasalahan yang sering dihadapi dalam mengerjakan tugas matematika di sekolah menengah adalah minimnya kemandirian belajar siswa, sehingga mengerjakan atau menjawab soal/tugas sering kali meminta jawaban dari teman sebangku atau yang lain. Hal ini diakibatkan karena rendahnya atau tidak punya rasa kemandirian untuk belajar. Penelitian ini merupakan penelitian bertujuan untuk meningkatkan kualitas belajar siswa baik di sekolah maupun di rumah. Faktor yang mempengaruhi yaitu faktor dari diri sendiri dan faktor kondisi keluarga. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan peneliti yang telah menguraikan bahwa kemandirian belajar termasuk pada kategori baik dengan nilai rata skor keseluruhan sebesar 72%.
Downloads
References
Abror, M. H. (2022). Self-Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 233–242. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1676
Agustiani, S., Agustiani, N., & Nurcahyono, N. A. (2021). Analisis Berpikir Literasi Matematika Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMP. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 67–78. https://doi.org/10.46918/equals.v4i2.966
Alisa, N., Musli, A. M., & Aprisal, A. (2022). Pengaruh Gaya Belajar Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Di Sman 1 Majene. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 568–575. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.170
Apriyanto, M. ., & Aliatussa’adah, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 58, 213–224.
Fitriyana, D., & Sutirna. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Himpunan. Journal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 512–520. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1990
Ilmaknun, L., & Ulfah, M. (2023). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(1), 416–423. https://doi.org/10.55338/saintek.v5i1.1401
Indah, R. P., & Farida, A. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 41–47. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i1.1641
Lestari, I., Rosyana, T., & Luvy Sylviana Zhanty. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMP Kelas VII pada Materi Himpunan. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(6), 1841–1848. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.1841-1848
Linasari, R., & Arif, S. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 2(2), 186–194. https://doi.org/10.21154/jtii.v2i2.874
Marniati, Jahring, & Yuliani, W. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Loea. Arus Jurnal Pendidikan, 1(2), 35–40. https://doi.org/10.57250/ajup.v1i2.5
Maruhawa, I. A., Gulo, H., & Zega, N. A. (2025). Edusaintek : Jurnal Pendidikan , Sains dan Teknologi KURIKULUM PADA PEMBELAJARAN IPA DI UPTD SMP NEGERI 1 GUNUNGSITOLI UTARA : Jurnal Pendidikan , Sains dan Teknologi Vol . 12 ( 2 ) 2025 | 868. 12(2), 867–889. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i2.1737
Nurjanah, A., Haerudin, & Dewi Nur, I. R. (2022). Analisis Kemandirian Belajar Matematika Saat Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Siswa SMA. Journal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 589–598. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1961
Rahuma, A. (2024). Analisis Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X SMA Negeri 16 Samarinda. 12(3), 1276–1292. https://doi.org/10.47668/pkwu.v12i3.1763
Salsabila, C. A., Aini, A. N., Putri, N. K., & ... (2023). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas 5 Di Sd Negeri 4 Karangbener Kabupaten Kudus. Proceeding …, 168–176. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/19726/6731
Sholiha, T. A., Kurniati, N., Tyaningsih, R. Y., & Prayitno, S. (2022). Pengaruh Self-Regulated Learning (SRL) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMAN 1 Masbagik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1355–1362. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.745
Sma, S., & Timur, N. H. (2023). PENGARUH KEMAMPUAN DASAR MATEMATIKA DAN KEBIASAAN BELAJAR MANDIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA N 4 HALMAHERA TIMUR Yulismah. 9–17. https://doi.org/10.5281/zenodo.10408245
Supiani, E. M., & Firmansyah, D. (2023). Analisis Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pasca Pembelajaran Daring. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(3), 1125–1134. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17066
Syahruda, S., Bistari, B., & Halidjah, S. (2022). Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Metematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas V Sdit Al-Mumtaz Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(3), 1–8. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i3.53677
Zulaiha, S., Meldina, T., & Ariani, Y. (2023). Analisis Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 109. https://doi.org/10.29240/jpd.v7i1.7440
Copyright (c) 2025 Dina Anggraini Susanti, Miftahus Surur, Yesi Puspitasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.