Optimalisasi Lembaga PAUD melalui Manajemen Terintegrasi: Inovasi Input, Proses, dan Output di TK Hevea

  • Syamsul Muarif Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia
  • Siti Khoirumaroh Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia
  • Asri Widiatsih Universitas PGRI Argopuro Jember

Abstrak

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan fondasi penting dalam membentuk perkembangan anak secara holistik, meliputi aspek fisik, kognitif, sosial-emosional, dan spiritual. Tujuan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen input, proses, dan output peserta didik di TK Hevea. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Manajemen input meliputi program penerimaan peserta didik baru dan strategi pemasaran. Manajemen proses mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran berbasis pendekatan holistik untuk mendukung perkembangan kognitif, sosial, emosional, dan motorik anak. Manajemen output berfokus pada evaluasi hasil pendidikan yang mencakup keterampilan, karakter, dan kesiapan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. Strategi yang terintegrasi, mencakup pengelolaan input berkualitas, proses pembelajaran berbasis bermain dan tematik, evaluasi perkembangan holistik, serta kolaborasi aktif dengan orang tua, menunjukkan komitmen TK Hevea dalam menghasilkan lulusan yang berdaya saing dan berkarakter unggul.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Alimudin, A., Cahyo, E. D., Yulistia, A., & Sinaga, S. I. (2023). Assesmen Kurikulum Merdeka Di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 4(1), 24. https://doi.org/10.32332/ijigaed.v4i1.7982

Ambariani, A., & Suryana, D. (2022). Hambatan Implementasi PAUD Berbasis Holistik Integratif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5200–5208. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1599

Astuti, E. Y. (2023). Program Intervensi Dini Berbasis Keluarga (Family-Based) (Untuk Keluarga Yang Memiliki Anak Dengan Hambatan Motorik). SPEED Journal : Journal of Special Education, 7(1), 99–108. https://doi.org/10.31537/speed.v7i1.1239

Aziz, T. (2018). Manajemen Input, Proses, Dan Output Paud Berbasis Alam (Studi Analisis Di Tk Jogja Green School Yogyakarta). SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 4(2), 150–158. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v4i2.303

Bogdan, & Biklen. (2003a). Qualitative Research for Education. Allyn &Bacon Inc.

Bogdan, & Biklen. (2003b). Qualitative Research for Education. Allyn &Bacon Inc.

Darya, I. G. P. (2020). Evaluasi Implementasi Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB ) di Kota Balikpapan , Indonesia Evaluation of the Implementation of New Student Admission Systems in. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(April), 32–41.

Miles, Huberman, & Saldana. (2014). Qualitative Data Analysis. Sage publication Inc.

Miles, Matthew B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis. New Delhi: SAGE Publications.

Moleong, Lexy. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif (10th ed.). Remaja Rosdakarya.

Nengsi, A. W. (2019). Analisis Problematika Anak Usia 3-5 Tahun Belum Mendapatkan Pendidikan Di PAUD. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(2), 300. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v2i2.2273

Nugroho, G., & Setiadi, Y. (2023). Variabel-Variabel yang Memengaruhi Status Partisipasi Pendidikan Prasekolah di Pulau Sumatera Tahun 2021. Seminar Nasional Official Statistics, 2023(1), 309–320. https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2023i1.1612

Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Semaun, F. (2019). Analisis Penerapan Tiga Pilar Kebijakan Pemerintah Dalam Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. DUNIA ANAK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 21–32. https://doi.org/10.31932/jpaud.v1i2.385

Siron, Y., Putri Mama, M. M., & Tri Utari, F. (2020). Pembelajaran Berbasis Engineering Di PAUD: Perspektif Guru. Jurnal Golden Age, 4(02), 267–281. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2385

Sujari. (2022). Manajemen Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 1–26. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.82

Thenius, H. P., Joedawinata, A., & Asmarandani, D. (2019). Kajian Dampak Elemen Interior Pada Fasilitas Ruang Belajar Taman Kanak-Kanak Terhadap Perkembangan Kreatifitas Anak. Jurnal Seni Dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain, 1(2), 261–290. https://doi.org/10.25105/jsrr.v1i2.6738

UNESCO. (2018). Emergent Literacy in Early Chilhood Education. Http://Www.Unesco.Org/ Education/Pdf/21_33.Pdf.

Wulan, Y. (2023). Pentingnya Pendidikan Literasi Untuk Anak Usia Dini Di Era Society 5.0. Prosiding Dewantara Seminar Nasional Pendidikan, 1(02).

Yaswinda, Y., Yulsyofriend, Y., Dewi, S., Irsakinah, I., Marlina, V., Putri, W. E., & Pratiwi, V. (2023). Pendampingan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif Desa Apar, Kota Pariaman. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 22(2), 41. https://doi.org/10.24036/sb.03370

Diterbitkan
2025-03-10
Bagian
Articles