Pengembangan Buku Pendamping Bahan Ajar Tematik Kelas III SD/MI Berbasis Kearifan Lokal Daerah Kalimantan Barat

  • Mansur Mansur Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak
  • Kartini Kartini Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak
Kata Kunci: Development of Thematic Teaching Materials, and Local Wisdom

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kearifan lokal dalam bahan ajar tanpa harus menghilangkan substansi materi yang menjadi tujuan kurikulum. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development Model 4 D yakni Define, Design, Development and Dissemination. Sedangkan instrumen atau alat pengumpulan datanya adalah, dokumentasi dan angket validasi untuk kelayakan buku pendamping yang dikembangkan. Hasil penelitian ini adalah tersusunnya 8 buah buku pendamping untuk pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal daerah Kalimantan barat untuk Kelas III, dengan 4 aspek penilaian yang meliputi penilaian terhadap aspek isi materi rata aspek penilaiannya 4.68 setara dengan 93.75 % (Valid/ Layak digunakan), aspek  kelayakan penyajian  materi pelajaran yang sesuai dengan buku pembelajaran tematik kemendiknas tahun 2018 rata-rata penilaian 4.76  setara dengan 95 %  ( Valid/Layak untuk digunakan). aspek kelayakan tampilan desain buku pada pengembangan bahan ajar berbasis kearifan lokal diperoleh nilai rata-rata 4.8 setara dengan 96.7 % (Valid/ Layak untuk digunakan), aspek kelayakan bahasa yang digunakan pada pengembangan bahan ajar berbasis kearifan lokal diperoleh nilai rata-rata 4.64 setara dengan 96.7  % (Valid / layak untuk digunakan).

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti (2016) Pengembangan Bahan Ajar Tematik Sekolah Dasar Kelas IV Berbasis Kearifan DOI: 0000-0003-4695-5403

Lestariningsih, N. dan Suardiman, S. P. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik-Integratif Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Dan Tanggung Jawab. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15503

Lif Khoiru Ahmadi. 2014. Pengembangan dan Model Pembelajaran Tematik Integratif. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Majid, A. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru cetak ke-5, Bandung : Remaja Rosdakarya

Mumpuni, K. E. 2013. Potensi Pendidikan Keunggulan Lokal Berbasis Karakter dalam Pembelajaran Biologi di Indonesia. Makalah disajikan pada Prosiding Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FIP UNS. (Online), (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/), diakses pada 01 Oktober 2018

Perwitasari, S., Wahjoedi, dan Akbar, S. (2017). Bahan Ajar Tematik Berbasis Kontekstual Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Humaniora, 1–5. http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/gtk/article/view/317

Purnomo, H., dan Wilujeng, I. (2016). Pengembangan Bahan dan Instrumen Penilaian Penyempurnaan Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 12–19. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/14288/pdf

Peranan Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter, Artkel Ulfah Fajarini Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Email:fajarini_ulfah@yahoo.com

Purnomo, H. dan Wilujeng, I. 2016. Pengembangan bahan ajar dan instrumen penilaian IPA tema Indahnya Negeriku penyempurnaan buku guru dan siswa kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia,

Rusman. Dr. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sukayati., dan Sri Wulandari. 2009. Modul Matematika SD Program Bermutu: Pembelajaran Tematik di SD. Diknas PPPPTK Matematika

Trianto Ibnu Al-Tabany, 2015,Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik BagiAnak Usia Dini TK/RA dan Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Prenadamedia Group.

Yusuf Abidin, 2015. Pembelajaran Multiliterasi: Sebuah jawaban atas Tanggapan Pendidikan abad 21 dalam konteks Keindonesiaan. Bandung: Refika Aditama

Zuriah, N., Sunaryo, H., dan Yusuf, N. (2016). Guru dalam Pengembangan Bahan Ajar Kreatif Inovatif Berbasis Potensi Lokal . Jurnak Dedikasi, 13, 40. 1693-3214

Diterbitkan
2021-07-06
Bagian
Articles