Transformasi Pesantren di Indonesia: Peran dalam Pendidikan Islam, Nasionalisme, dan Perubahan Sosial
Abstrak
Penelitian ini mengkaji peran pesantren dalam perkembangan pendidikan Islam di Indonesia, khususnya pada abad ke-19 hingga awal abad ke-20, serta dampaknya terhadap pergerakan nasional dan transformasi sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode historis, mengandalkan studi pustaka dan analisis data dari berbagai sumber sekunder seperti buku, artikel jurnal, dan dokumentasi terkait. Hasil penelitian menunjukan bahwa pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam tradisional, tidak hanya berfungsi sebagai pusat pembelajaran agama, tetapi juga sebagai agen perubahan sosial dan pembentukan karakter. Melalui pendidikan agama yang mengajarkan nilai-nilai moral, etika, dan semangat kemandirian, pesantren memainkan peran strategis dalam memperkenalkan nasionalisme dan melawan penjajahan kolonial. Penelitian ini juga mengidentifikasi modernisasi pesantren pasca-kemerdekaan, yang mengintegrasikan pendidikan formal dan ilmu pengetahuan dengan kurikulum berbasis agama. Selain itu, penelitian ini menyoroti tantangan dan peluang pesantren di era digital dan globalisasi, yang membuka jalan bagi pengembangan pendidikan pesantren yang lebih adaptif terhadap kebutuhan zaman. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pesantren tidak hanya berperan dalam mempertahankan identitas Islam, tetapi juga dalam membentuk masyarakat yang berwawasan kebangsaan, berdaya saing, dan siap menghadapi tantangan global. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan pendidikan Islam yang relevan dengan konteks sosial dan budaya Indonesia masa kini.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Abdul Hadi. (2018). K.H Hasyim Asy’ari . Diva Press.
Al-Amri, L., & Haramain, M. (2017). Akulturasi Islam Dalam Budaya Lokal. Kuriositas: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 10(2), 87–100. https://doi.org/10.35905/kur.v10i2.594
Ali, M. (2020). Pendidikan Islam dan Perubahan Sosial. Pustaka Wacana.
Azra, A. (2013). Jaringan Ulama Timur Tengah. Prenada Media.
Badi’ah, S., Salim, L., & Syahputra, M. C. (2021). Pesantren dan Perubahan Sosial pada Era Digital. Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 21(2), 349–364.
Bisri, H. (2019). Eksistensi dan transformasi pesantren dalam membangun nasionalisme bangsa. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 4(2), 106–121.
Dzikri, A. D. (2019). Pesantren Dan Perubahan Sosial: Studi Terhadap Peran Pesantren Al-Ishlah, Sidamulya Cirebon. TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 5(1), 59–80. https://doi.org/10.24952/tazkir.v5i1.961
Fahmi, A. A., & Firdaus, N. H. (2024). Pesantren Semi-Modern dalam Pusaran Modernisasi: Studi Kasus di Pondok Pesantren Condong. In Jurnal Sejarah (Vol. 7, Issue 1).
Falah, R. Z. (2018). Membangun Karakter Kemandirian Wirausaha Santri Melalui Sistem Pendidikan Pondok Pesantren. 15(2).
Farhanudin, A., & Muhajir, M. (2020). Peran Kitab Kuning Dalam Pembentukan Pemikiran Pendidikan Islam Dan Karakter Santri Pada Pesantren Tradisional. QATHRUNÂ, 7(1), 103. https://doi.org/10.32678/qathruna.v7i1.3141
Fathoni, M. A., & Rohim, A. N. (2019). Peran pesantren dalam pemberdayaan ekonomi umat di Indonesia (Vol. 2).
Heriyudanta, M. (2016). Modernisasi Pendidikan Pesantren Perspektif Azyumardi Azra. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 8(1), 145–172.
Hidayat, F., Afif, T. R. H., & Dahlan, Z. (2024). Islam Nusantara: Sejarah Peradaban Islam Kontemporer Di Indonesia. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2, 92–99. https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i1.195
Irawan, K. A., Ahyani, H., Jafari, A., & Rofik, A. (2021). Peran Madrasah Diniyah An Nur dalam Pengembangan Pendidikan Islam Melalui Tradisi Keagamaan. Fitrah: Journal of Islamic Education, 2(1), 52–65. https://doi.org/10.53802/fitrah.v2i1.50
Karuru, P. (2013). Pentingnya Kajian Pustaka dalam Penelitian. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 1–9.
Kholifah, A. (2022). Strategi Pendidikan Pesantren Menjawab Tantangan Sosial di Era Digital. Jurnal Basicedu, 6(3), 4967–4978. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2811
Lailatul Hidayah, Y., Supratno, H., Hasyim Asy, U., & Tebuireng Jombang, ari. (2024). Peran Kh. M. Hasyim Asy’ari Dalam Tranformasi Pendidikan Di Pesantren Tebuireng Jombang (Vol. 10, Issue 1).
Mahrisa, R., Aniah, S., Daulay, H. P., & Dahlan, Z. (2020). Pesantren Dan Sejarah Perkembangannya Di Indonesia. 13(2).
Maksum, A. (2016). Model Pendidikan Toleransi Di Pesantren Modern Dan Salaf. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(1), 81. https://doi.org/10.15642/jpai.2015.3.1.81-108
Marti, W., & Alimni. (2023). Sejarah Sosial Pedidikan Di Dunia Islam Proses Islamisasi Dan Penyebaran Islam Di Nusantara. JPT : Jurnal Pendidikan Tematik, 4.
Mas’ ulah, S. (2019). Pesantren Dalam Perubahan Sosial di Indonesia. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 69–88.
M.Rasyid, Kasful Anwar US, & Sya’roni Sya’roni. (2024). Peran dan Pengaruh Pendidikan Islam pada Perjuangan Kemerdekaan Indonesia Serta Tokoh-Tokohnya. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(5), 276–283. https://doi.org/10.61132/jbpai.v2i5.560
Nasir, M. (2018). Sejarah Lembaga Pendidikan Islam (Madrasah) Di Indonesia. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.15
Nugroho, T. (2017). Reorientasi Peranan Pesantren Pada Era Pembangunan Menuju Partisipasi Pemberdayaan Masyarakat Bawah. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 7(2), 147–155. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v7i2.197
Rama, B., & Achruh, A. (2023). Nahdlatul Ulama, Tokoh Dan kegiatannya Dalam Dunia Pendidikan. Nizam : Jurnal Islam Pedia, 2963–6094. https://doi.org/10.58222/islampedia.v2i1
Muzakky, R. M. R., Mahmuudy, R., & Faristiana, A. R. (2023). Transformasi Pesantren Menghadapi Era Revolusi Digital 4.0. Aladalah: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 1(3), 241–255. https://doi.org/10.59246/aladalah.v1i3.371
Rohman, B. (2019). Pada Santri Di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Bali. https://doi.org/10.30868/ei.v8i2.477
Setiawan, A., & Hajar, I. I. (2024). Peran KH. Imam Zarkasyi dalam Mengembangkan Pondok Pesantren Gontor Ponorogo. Prosiding Konferensi Nasional Mahasiswa Sejarah Peradaban Islam(KONMASPI), 1.
Sholihah, H., & Kusumawati, I. R. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Patriotisme KH. M. Hasyim Asy’ari Di MASS Tebuireng Jombang. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12.
Suprayitno. (2016). Islamisasi Di Sumatera Utara: Studi Tentang Batu Nisan Di Kota Rantang Dan Barus. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 1.
Susilo, A. A., & Wulansari, R. (2020). Sejarah Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Tamaddun: Jurnal Kebudayaan Dan Sastra Islam, 20(2), 83–96. https://doi.org/10.19109/tamaddun.v20i2.6676
Uka, T. (2009). Arkeologi Islam Nusantara. Kepustakaan Populer Gramedia.
Urip, S. (2023). Metode Penelitian Kualitatif . PT Salim Media Indonesia.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.