Pengembangan Kurikulum Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kreativitas dan Kolaborasi Siswa

  • Hasbullah Hasbullah Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Mahmudah Mahmudah Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
Kata Kunci: pengembangan kurikulum; kreativitas dan kolaborasi; berbasis proyek;

Abstrak

 Pengembangan kurikulum ini dirancang dengan pendekatan yang mengintegrasikan pembelajaran berbasis proyek yang di buat didalam berbagai mata pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi kurikulum berbasis proyek untuk meningkatkan kreativitas dan kolaborasi siswa. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur (library research). Temuan menemukan bahwa pengembangan kurikulum berbasis proyek ini dilakukan agar siswa dapat menjelajah, merancang, dan mengimplementasikan konsep pembelajaran dalam konteks nyata. Proses ini tidak hanya mengasah keterampilan berpikir kritis tetapi juga keterampilan komunikasi interpersonal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas kurikulum berbasis proyek dalam meningkatkan kreativitas dan kolaborasi siswa.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Allan A., G. (1987). Curriculum Renewal. Library of Congress.

Arifin, B., & Mu’id, A. (2024). Pengembangan Kurikulum Berbasis Keterampilan Dalam Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. DAARUS TSAQOFAH, Jurnal Pendidikan Pascasarjana Universitas Qomaruddin, 1(2), 118–128.

Bobbit, F. (1918). The Curiculum. Houghton Mifflin Company.

Caswell, H. L., & Campbell, D. S. (1935). Curriculum Development. American Book Company.

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110

Dewey, J. (1902). The Elementary School Teacher.

Gagne, R. M. (1967). The Conditions of Learning. : Holt, Rinehart and Winston.

Lase, F. (2015). Dasar Pengembangan Kurikulum Menjadi Pengalaman Belajar. Jurnal PG-PAUD STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai, 2.

Mudrikah, S., Pahleviannur, M. R., Surur, M., Rahmah, N., Siahaan, M. N., Wahyuni, F. S., Widyaningrum, R., Saputra, D., Prihastari, E. B., & Ramadani, S. D. (2021). Perencanaan Pembelajaran di Sekolah: Teori dan Implementasi (Deka Dyah Utami, Ed.). Pradina Pustaka.

Pemerintah Indonesia. (1989). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. www.djpp.depkumham.go.id

Popham, W. J., & Baker, E. L. (1970). Systematic Instruction. Prentice-Hall.

Prasetyo, A. R., & Hamami, T. (2020). Prinsip-prinsip dalam Pengembangan Kurikulum. PALAPA, 8(1), 42–55. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.692

Rianda, K., & Sayekti, S. P. (2023). Penerapan pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan psikomotorik siswa pada Mata Pelajaran Fiqih. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 214–223.

Rosmana, P. S., Ruswan, A., Sari, K., Rahmawati, N., Sativa, O., Maulana, R., Mardiana, R., & Agustia, Y. (2024a). Pembelajaran Berbasis Proyek: Perancangan Modul Pembelajaran yang Mendorong Kolaborasi dan Kreativitas. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 3494–3498.

Rosmana, P. S., Ruswan, A., Sari, K., Rahmawati, N., Sativa, O., Maulana, R., Mardiana, R., & Agustia, Y. (2024b). Pembelajaran Berbasis Proyek: Perancangan Modul Pembelajaran yang Mendorong Kolaborasi dan Kreativitas. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1).

Rugg, H. (1927). Man and His Changing Society.

Saylor, J., Alexander, W., & Lewis, A. (1981). Perencanaan Kurikulum untuk Pengajaran dan Pembelajaran yang Lebih Baik. Holt, Rinehart dan Winston.

Schiro, M. (1978). Curriculum for Better Schools. Educational Technology.

Septiani, Y. E., Sholeha, E. F. N., Puspitasari, D. A., Ningrum, A. P. S., Febianti, V., & Wahyuni, S. (2024). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas Siswa di Sekolah Menengah. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 6603–6612.

Shofiyah, S. (2018). Prinsip – Prinsip Pengembangan Kurikulum dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. EDURELIGIA; JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 2(2), 122–130. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.464

Solissa, E. M., Rakhmawati, E., Maulinda, R., Syamsuri, S., & Putri, I. D. A. (2024). Analisis Implementasi Metode Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Prestasi Belajar di Sekolah Dasar. Al-Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 558. https://doi.org/10.35931/am.v8i2.3284

Surur, M., Efrianti, S., Yuliana, D., & Puspitasari, Y. (2021). An Intensive Exploration of Students’ Problem-Solving Abilities Using a Problem-Solving Learning Model. 2nd Annual Conference on Blended Learning, Educational Technology and Innovation (ACBLETI 2020), 454–457.

Taba, H. (1962). Pengembangan kurikulum: Teori dan praktik. Harcourt, Brace & World.

Taliak, J., Al Farisi, T., Sinta, R. A., Aziz, A., & Fauziyah, N. L. (2024). Evaluasi Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa. Journal of Education Research, 5(1), 583–589. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.876

Tyler, R. W. (1957). The Curriculum-Then and Now. The Elementary School Journal, 57(7), 364–374. https://doi.org/10.1086/459567

Wiratama, L., & Irfan, D. M. (2023a). Peran Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Merdeka Belajar, 1(1), 7–12.

Wiratama, L., & Irfan, D. M. (2023b). Peran Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. In Jurnal Pendidikan Merdeka Belajar (Vol. 1, Issue 1). https://ejournal.marqchainstitute.or.id/index.php/Profit

Wirsa, K., & Saridewi, S. (2020). Studi Deskriptif Pengaruh Metode Bercerita Bilingual Terhadap Minat Belajar Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 71–76. https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-04

Diterbitkan
2024-12-10
Bagian
Articles