Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya jumlah angka pengangguran khususnya lulusan SMK, salah satu alternatif untuk mengatasi kondisi tersebut adalah berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efikasi diri siswa, mendeskripsikan kesiapan berwirausaha dan menganalisis hubungan efikasi diri siswa dengan kesiapan berwirausaha siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII Kuliner di SMK Negeri 2 Bukittinggi pada tahun ajaran 2024/2025 berjumlah 97 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket secara langsung dengan menggunakan skala likert yang telah teruji validitas dan reabilitasnya. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri siswa kelas XII Kuliner secara keseluruhan dalam kategori sedang dengan persentase 40.2%, kesiapan berwirausaha siswa dalam kategori sedang dengan persentase 37.1%. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara Efikasi Diri dengan Kesiapan Berwirausaha siswa kelas XII Kuliner di SMK Negeri 2 Bukittinggi.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Almi, S. N., & Rahmi, E. (2020). Pengaruh Digital Literacy Terhadap Kesiapan Berwirausaha di Era-digital Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jurnal Ecogen, 3(2), 242. https://doi.org/10.24036/jmpe.v3i2.8829
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.
Bangung, P., Hariani, L. S., & Walipah, W. (2020). Motivasi Berprestasi: Konsep Diri, Kecerdasan Emosional dan Efikasi Diri. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 5(1), 24–31. https://doi.org/10.21067/jrpe.v5i1.4340
Cahyaningtyas, A., Supriyanto, A., & Mustiningsih, M. (2021). Hubungan Efikasi Diri dan Lingkungan Keluarga dengan Kesiapan Berwirausaha Mahasiswa. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 6(2), 93. https://doi.org/10.17977/um027v6i22021p093
Ciana, N. P., & Rahmi, E. (2020). Pengaruh Pelaksanaan.Pembelajaran.Kewirausahaan.dan Efikasi.Diri Terhadap.Kesiapan.Berwirausaha.Siswa.Kelas.XII.di SMKN 1 Lubuk Basung. Jurnal Ecogen, 3(2), 332. https://doi.org/10.24036/jmpe.v3i2.8961
Fajar, P., & Aviani, Y. I. (2022). Hubungan Self-Efficacy dengan Penyesuaian Diri: Sebuah Studi Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2186–2194.
Gupron, G., Yandi, A., & Maharani, A. (2023). Model Kesiapan Berwirausaha (Literature Review). Jurnal Kewirausahaan Dan Multi Talenta, 1(1), 28–41. https://doi.org/10.38035/jkmt.v1i1.9
Hasanah, U., Dewi, N., & Rosyida, I. (2019). Self-Efficacy Siswa SMP Pada Pembelajaran Model Learning Cycle 7E (Elicit, Engange, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, and Extend). Prisma Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 551–555.
Hermawan, Y., Disman, D., Ahman, E., Suwatno, S., & Sundari, R. S. (2022). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Kemampuan Kewirausahaan terhadap Efikasi Diri dan Dampaknya terhadap Kesiapan Berwirausahan. AdBispreneur, 7(2), 153–167. https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v7i2.39332
Isma, A., Rakib, M., Mufida, N., & Sholihah, M. (2023). Pengaruh Sikap dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Kesiapan Berwirausaha Dengan Self-Efficacy Sebagai Variabel Intervening. Journal of Economics, Entrepreneurship, Management Business and Accounting, 1(1), 41–52.
Kasmahidayat, Y., Widiyaningsih, S. N., & Suryawan, A. I. (2023). Proses Pembentukan Efikasi Diri dalam Pembelajaran Tari bagi Siswa Kelas XI SMAN 1 Soreang. Jurnal Tata Kelola Seni, 9(2), 124–138. https://doi.org/10.24821/jtks.v9i2.10318
Mardiah, N., & Fridayati, L. (2020). Kesiapan Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga Fakultas Pariwisata Dan Perhotelan Unp. Indonesian Journal of Education Research, 1(1), 8–13. https://doi.org/10.24036/edunesia.v1i1.3
Pradana, B. I., & Safitri, R. (2020). Pengaruh Motivasi Wirausaha dan Mental Wirausaha terhadap Minat Wirausaha. Iqtishoduna, 16(1), 73–82. https://doi.org/10.18860/iq.v16i1.6797
Rochani, S., & Suharsono, N. (2023). Pengaruh Prestasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Keluarga, Dan Minat Berwirausaha Terhadap Kesiapan Berwirausaha Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 15(1), 9–20. https://doi.org/10.23887/jjpe.v15i1.61877
Rusiadi, A., & Rafida, T. (2016). Pengantar Kewirausahaan. Perdana Publishing.
Saraswati, N., Dwidiyanti, M., Santoso, A., & Wijayanti, D. Y. (2021). Hubungan Efikasi Diri dengan Kecemasan Menyusun Skripsi pada Mahasiswa Keperawatan. Holistic Nursing and Health Science, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.14710/hnhs.4.1.2021.1-7
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA.
Waddington, J. (2023). Self-efficacy. 77(January), 237–240.
Wahyuni, W., & Elida, E. (2023). Kesiapan Berwirausaha Mahasiswa program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Universitas Negeri Padang. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(3), 825–839. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i3.843
Yunita, D. (2020). Pengaruh Kreativitas, Efikasi Diri, dan Motivasi Terhadap Kesiapan Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 506–515. https://doi.org/10.38035/JMPIS
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.