Implementasi Pendidikan Karakter Berdasarkan Nilai Pancasila di Era Globalisasi

  • Lin Herlina Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dinie Anggraeni Dewi Univeritas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Kata Kunci: implementation, globalization, pancasila

Abstrak

pendidikan karakter merupakan salah satu hal penting bagi kehidupan bangsa Indoneisa. Pancasila dijadikan sebagai dasar negara, sekaligus juga merupakan ideologi negara. Selain itu pancasila juga merupakan way of life bangsa indonesia. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat maka percepatan globalisasipun demikian. Artikel ini akan menjabarkan implemntasi nilai pancasila yang harus diterapkan agar nilai-nilai pancasila tetap  kokoh maka diperlukan  pengokohan nilai-nilai pancasila tersebut kepada generasi penerus bangsa khususnya kepada para peserta didik  dari jenjang sekolah dasar hingga ke jenjang perguruan tinggi. Hal tersebut dapat diupayakan dengan mempelajari mengenai kewarganegaraan dan juga pancasila. Artikel ini dibuat  untuk tetap menjadikan pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari sehingga menjadikan manusia yang beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, mandiri,bertanggung jawabm demokratis, dan menjadi warga negara yang menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila. Artikel ini dibuat dengan metode kualitatif prngumpulan data-data melalui kajian pustaka dengan sumber dari berbagai daterasi yang terdapat kajian mengenai pengimplementasian nilai pancasila di era globalisasi seperti dalam buku, artikel, dan jurnal.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Ariawantara, P. 2017. Implementasi Pancasila Dalam kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Universitas Airlangga.

Basuki, K. (2019). No Title No Title. ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 53(9), 1689–1699. www.journal.uta45jakarta.ac.id

Hartono, W., Ekstrinsik, M., & Belajar, K. (2016). Dyah Ayu Puspitaningrum. 6(2), 25–30.

Hasibuan, A. A., Syah, D., & Marzuki, M. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter Di Sma. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(02), 191. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i02.1230

Kariyadi, D., & Suprapto, W. (2017). Membangun Kepemimpinan Berbasis Nilai-Nilai Pancasila Dalam Perspektif Masyarakat Multikultural. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 86. https://doi.org/10.25273/citizenship.v5i2.1560

Lauder, M. R. M. T., Nusantara, U. B., & Lauder, M. R. M. T. (2002). Makara Human Behavior Studies in Asia. 6(1), 37–44.

lubis, R., & nasution, J. iqbal. (2019). Makalah ppkn kelompok 3. https://doi.org/10.31219/osf.io/ys6e4

Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2), 14–20. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622

Sapriya, Dkk. 2001. Konsep Dasar Pendidika Kewarganegaraan Edisi Revisi. Laboratorium Universitas Pendidikan Indonesia.

Soeprapto. (2005). 22960-44318-1-SM.pdf. https://jurnal.ugm.ac.id/jkn/article/view/22960

Sugiyono p d. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Winataputra, U. S. (2016). Jurnal moral kemasyarakatan vol. 1, no.1, juni 2016. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 1(1), 15–36.

Diterbitkan
2021-10-27
Bagian
Articles