GERAKAN LITERASI SEKOLAH SEBAGAI SOLUSI PENINGKATAN MINAT BACA PADA ANAK SEKOLAH DASAR
Abstract
Membaca merupakan kegiatan yang sangat penting dalam menggali ilmu pengetahuan dan menambah wawasan. Untuk melaksanakan Kegiatan membaca memerlukan rasa ketertarikan atau dorongan yang timbul dari dalam diri setiap individu disebut bunga. Minat baca yang rendah dapat membuat suatu bangsa tertinggal dari berbagai macam informasi itu terus berkembang hingga saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sebagai solusi untuk meningkatkan minat baca. Penelitian ini dirancang dengan penelitian kualitatif metode dengan menggunakan teknik purposive sampling. Subyek penelitian ini adalah 27 siswa kelas V terlibat dalam kegiatan gerakan literasi sekolah. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa tahap pembiasaan GLS mampu meningkatkan minat baca siswa dengan kegiatan membaca selama lima belas menit sebelum pembelajaran. Kegiatan membaca yang efektif adalah membaca senyap.
Downloads
References
Akbar, A. (2017). Membudayakan Literasi dengan Program 6M di Sekolah Dasar. 3(1), 42–52.
Anjani, S., Dantes, N., & Artawan, G. (2019). Efek Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca dan Kemampuan Pemahaman Membaca Siswa Kelas V SD Gugus II Kuta Utara. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 74–82.
Ates, S., Cetinkaya, C., & Yildirum, K. (2012). Cara Memilih Buku yang Enak Dibaca. Ilkogretim Online, 11(2), 319–331. Retrieved from http://ilkogretim-online.org.tr
Aydemir, Z. I., & Ozturk, E. (2013). Skala motivasi membaca untuk teks: Studi validitas dan reliabilitas. Pendidikan Dasar Daring, 12(1), 66–76.
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Negara Gugusan Sungai MIAI Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 15–29.
BPPB. (2016). Pedoman Pelaksanaan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Budaya.
Burhan, N. S., Nurchasanah, & Basuki, I. A. (2020). Pelaksanaan Tahap Pembiasaan Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 367–373.
Dag, N. (2017). Profil Membaca Siswa Sekolah Dasar Turki. Jurnal Internasional Dari Instruksi, 10(4), 293–306.
Darmono. (2017). Perpustakaan Sekolah: Pendekatan Aspek Manajemen dan Tata Kerja. Grasindo.
Endah, S., Thahar, H. E., & Asri, Y. (2018). Kontribusi minat baca pada sastra dan membaca pemahaman terhadap kemampuan siswa dalam menulis cerita fantasi. Konferensi Internasional Tentang Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Teknologi, 955–960.
Faizah, D. U., Sufyandi, S., Anggriani, L., Waluyo, Dewayani, S., Muldian, W., & Roosaria, D. R. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.
Faradina, N. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Terpadu An-Najah Jatinom Klaten. Jurnal Hanata Widya, 6(8), 60–69.
Gary, P. M., & Timothy, G. M. (1998). Meningkatkan prestasi dan minat baca siswa. Berkeley Pers Elektronik (bepress).
Hamdani. (2019). Laporan World’s Most Literate Nations, Indonesia darurat literasi Baca. Retrieved from https://www.kompasiana.com/cangkoiburong/5c4ec840c112fe193a7a94a5/ report-mostliterred-nation-in-the-world-indonesia-darurat-literasi-membaca?page=all
Hejase, A. J., Hejase, H. J., Younis, J., & Abbas, O. (2019). Minat dan Kebiasaan Membaca di Lebanon: Analisis Eksploratif Minat dan Kebiasaan Membaca di Lebanon: Analisis Eksploratif. Jurnal Saudi Humaniora Dan Ilmu Sosial, 4(3), 149–166. https://doi.org/10.21276/sjhss.2019.4.3.2
Hendriani, Nuryani, & Ibrahim. (2018). Pedagogik Literasi Kritis; Sejarah, Filsafat Dan Perkembangannya Di Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 55(5), 503–510. https://doi.org/https://ejournal.upi.edu/index.php/pedagogia/article/view/10811/pdf
Heru, S., & Samsi, H. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Menumbuhkan Minat Membaca Siswa SMP Negeri 2 Pleret Kabupaten Bantul. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 68–82.
Ista, M., Izam, G. M., & Salma, M. (2019). Kebiasaan Membaca dan Persepsi Membaca untuk Kesenangan. Jurnal Internasional Pendidikan Dan Pengajaran Indonesia, 3(1), 80–89.
Istiq’faroh, N., Suhardi, S., Mustadi, A., & Ahdhianto, E. (2020). Pengaruh cerita rakyat Indonesia terhadap pemahaman dan motivasi membaca siswa kelas IV. Pendidikan Dasar Daring, 19(4), 2149– 2160. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.763772
Kerneza, M., & Kosir, K. (2016). Komik sebagai metode sastra-didaktik dan penggunaannya untuk mereduksi gender perbedaan literasi membaca pada tingkat pendidikan dasar. Pusat Studi Kebijakan Pendidikan Jurnal, 6(2), 125–149.
Khotimah, K., Akbar, S., & Sa, C. (2018). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(11), 1488–1498.
Komalasari, M. D., Wibowo, A., & Anggraeni, D. (2018). Pendampingan Gerakan Literasi Sekolah Mendalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pelayanan Publik, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.30737/jaim.v2i1.236
Mckool, S. S. (2000). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Membaca: Investigasi Terhadap Kebiasaan Membaca Diluar Sekolah Siswa Kelas V. Jurnal Peningkatan Membaca, 44(3), 111–132.
Nurdiani, S., Syahrul, R., & Abdurahman. (2018). Hubungan Vocabulary dan Membaca Pemahaman dalam Keterampilan Menulis Teks Deskriptif Bertinjauan Jenis Kelamin. Konferensi Internasional Tentang Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Teknologi, 848–853.
Rahmawati, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Abad 21 Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(2), 404–418. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i2.461
Wandasari, Y., Kristiawan, M., & Arafat, Y. (2019). Evaluasi Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah On Meningkatkan Disiplin Siswa SMA Negeri. Jurnal Ilmiah Internasional Dan Riset Teknologi, 8(4), 190–198.
Wibowo, W. (2019). Gerakan Pengelolaan Literasi Sekolah Untuk Mendukung Karya Tulis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Media Manajemen Pendidikan, 2(2), 279–288.
Yulianto, A., & Maman, S. (2019). Implementasi Literasi Baca-Tulis Di Sekolah Menengah Atas. Konferensi Internasional Tentang Isu Terkini Dalam Pendidikan, 326, 46–51.
Zhao, W., Lagu, Y., Zhao, Q., & Zhang, R. (2018). Pengaruh Dukungan Guru Terhadap Siswa Sekolah Dasar Keterlibatan Membaca: Peran Mediasi Minat Baca dan Konsep Diri Akademik Cina. Psikologi Pendidikan, 1–18. https://doi.org/10.1080/01443410.2018.1497146
Copyright (c) 2023 Heri Dermawan, Rena Fadilah Malik, Margiyono Suyitno, Ratna Ayu Pawestri Kusuma Dewi, Everhard Markiano Solissa, Akhmad Haqiqi Mamun

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.