PENERAPAN PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBANTUKAN MEDIA MOBILE LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskrisikan keterampilan berpikir kritis siswa SMA dan mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa antara kelas yang menerapkan model learning cycle 5E berbantukan media mobile learning dengan kelas yang menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMA materi momentum dan impuls. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Tapung Hulu. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment (eksperimen semu). Desain penelitian ini yaitu posttest only control group design. Sampel diambil secara acak dari populasi yang berjumlah 4 kelas IPA. Hasil penelitian diperoleh bahwa skor rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa kelompok eksperimen tergolong tinggi sedangkan kelompok kontrol tergolong rendah. Setelah diberikan tes keterampilan berpikir kritis berupa posttest kelompok eksperimen mencapai skor rata-rata 75,40 dengan standar deviasi 16,59 sedangkan kelompok kontrol mencapai skor rata-rata 64,42 dengan standar devisi 15,41. Hasil hipotesis menggunakan independent samples t-test diperoleh dengan signifikan 0,005 yang artinya lebih kecil dari 0.05, artinya terdapat perbedaan yang signifikan skor rata-rata keterampilan berpikir kritis antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Downloads
References
Agnes Reswari Ingkansari, A. A. N. C. S. P. S. (2015) Menumbuhkan Berpikir Kritis: Paradigma, Desain, dan Media Pembelajaran, hingga Manajemen Sarana. PT Kanisius.
Budiyono, A. et al. (2020) ‘Pengaruh Learning Cycle 5e Berbantuan Permainan Monopoli Fisika Berpoin (MOKAIN) Terhadap Penguasaan Konsep Peserta Didik SMA’, Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 8(2), pp. 22–31.
https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/edusains/article/view/1481
Cahyani, A. A. et al. (2021) ‘Efektivitas Model Learning Cycle 5E Berbasis Literasi Sains terhadap Kemampuan Bertanya Peserta Didik’, Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), pp. 249–258.
Fajiyusni, Masriani and Rasmawan, R. (2017) ‘Deskripsi Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Minyak Bumi Kelas XI MIA 3 SMAN Pontianak’, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Khatulistiwa, 6(10), pp. 1–11. https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jtii/article/view/184
Fatmawati, I. M. L. (2018) Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar: Teori dan Praktik. Deepublish. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=PD1lDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA41&dq=Fatmawati,+I.+M.+L.+(2018)+Pendekatan+Scientific+dalam+Pembelajaran+di+Sekolah+Dasar:+Teori+dan+Praktik.+Deepublish.&ots=yiuJqoF3hr&sig=1iEZ6MqLycZkuvDWPVVmJZpfo4Y
Irhamna, I., Rosdianto, H. and Murdani, E. (2017) ‘Penerapan Model Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Statis Kelas VIII’, Jurnal Fisika Flux: Jurnal Ilmiah Fisika FMIPA Universitas Lambung Mangkurat, 14(1), pp. 61–64.
Latifa, B. R. A., Verawati, N. N. S. P. and Harjono, A. (2017) ‘Pengaruh model learning cycle 5E (engage, explore, explain, elaboration, & evaluate) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X man 1 mataram’, Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), pp. 61–67. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/f/article/view/3839
Mustofa, R. faisal (2018) ‘Pengaruh Pembelajaran Learning Cycle 5e Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar’, 3(24). http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/bioed/article/view/631
Ngurahrai, A. H., Farmaryanti, S. D. and Nurhidayati, N. (2019) ‘Media pembelajaran materi momentum dan impuls berbasis mobile learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa’, Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(1), pp. 62–70. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/bipf/article/view/5440
Nursafitri, M. N. (2021) ‘pengaruh model pembelajaran learning cycle 5e dengan analogi terhadap pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi laju reaksi/mauliana nursafitri’. Universitas Negeri Malang. http://repository.um.ac.id/160528/
Rasyad, R. (2003) * Metode Statistik Deskriptif Utk Umum. Grasindo. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=_M5oaTSIxaoC&oi=fnd&pg=PA1&dq=Rasyad,+R.+(2003)+*+Metode+Statistik+Deskriptif+Utk+Umum.+Grasindo.&ots=5-jNDeRIP1&sig=SN0EOra74F4Q9GN0Otz38HnBeio
Septiana, Is. (2018) ‘PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 GERUNG’. Universitas Mataram. http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4566
Sugiyono (2019) Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Suhardi, D., Chaerunnisa, H. and Santoso, A. S. (2020) Panduan Pengisian Opak Jabar. Deepublish.https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=SyveDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Suhardi,+D.,+Chaerunnisa,+H.+and+Santoso,+A.+S.+(2020)+Panduan+Pengisian+Opak+Jabar.+Deepublish.&ots=9XJbsOs_hc&sig=SyjlCyTihigvspnz3MWRRtP8Iwg
Sumiharsono, R. et al. (2017) Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. Pustaka Abadi. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=VJtlDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=Sumiharsono,+R.+et+al.+(2017)+Media+Pembelajaran:+Buku+Bacaan+Wajib+Dosen,+Guru+dan+Calon+Pendidik.+Pustaka+Abadi.&ots=xbXlDk2Y5&sig=bh4Mp51bsREMl4YjCkisPRVhDd8
Supeno, S., Bektiarso, S. and Munawaroh, A. (2018) ‘Pengembangan pocketbook berbasis android untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA’, in Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), pp. 76–83. https://fisika.fmipa.unesa.ac.id/proceedings/index.php/snf/article/view/67
Wahyuni, M. (2020) Statistik Deskriptif untuk Penelitian Olah Data Manual dan SPSS Versi 25: Bintang Pustaka. Bintang Pustaka Madani. https://fisika.fmipa.unesa.ac.id/proceedings/index.php/snf/article/view/67
Copyright (c) 2023 Eka Juliarnita Laoli, Syahril Syahril, Zulirfan Zulirfan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.