FT Perancangan UI/UX Aplikasi Peminjaman Sepeda Di Universitas Islam Indonesia Menggunakan Metode User Journey Map

  • AISYA H Universitas Islam Indonesia
  • Beni Suranto Universitas Islam Indonesia
Keywords: Mobile, Peminjaman Sepeda, Prototipe, UI/UX , User Journey Map

Abstract

Universitas Islam Indonesia memiliki fasilitas sepeda kampus yang tersebar di beberapa lokasi yang saat ini proses peminjamannya masih dilakukan secara manual. Proses ini memerlukan waktu dan sering kali menimbulkan ketidaknyamanan. Misalnya, ketika mahasiswa lupa untuk membawa KTM, mereka harus pergi mengambilnya terlebih dahulu agar diperbolehkan melakukan peminjaman sepeda. Selain itu, ada kemungkinan semua sepeda sudah dipinjam ataupun ada yang rusak sehingga tidak dapat digunakan. Situasi ini dapat mengurangi minat mahasiswa dalam memanfaatkan fasilitas sepeda kampus. Oleh karena itu, diperlukan sistem peminjaman sepeda yang lebih efisien dan praktis untuk meningkatkan kenyamanan dan minat mahasiswa dalam menggunakan fasilitas tersebut. Sistem yang terintegrasi secara digital melalui aplikasi mobile, dapat memudahkan proses peminjaman dan memastikan ketersediaan sepeda secara real-time. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan preferensi pengguna adalah metode user journey map. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini akan melibatkan berbagai tahapan mulai dari pengumpulan data, analisis kebutuhan pengguna, desain antarmuka, hingga pengujian prototipe. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa “Perancangan UI/UX Aplikasi Peminjaman Sepeda Di Universitas Islam Indonesia Menggunakan Metode User Journey Map” berhasil mengidentifikasi kebutuhan, kendala, dan harapan pengguna selama proses peminjaman sepeda yang kemudian diimplementasikan ke dalam fitur-fitur utama aplikasi. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziza, A. F. R. (2020). ANALISIS KEBUTUHAN PENGGUNA APLIKASI MENGGUNAKAN USER PERSONA DAN USER JOURNEY. Information System Journal (INFOS), Vol. 3(Vol. 3 No. 2 (2020): Information System Journal (INFOS)), 6–10. https://doi.org/10.24076/infosjournal.2020v3i2.420

Brata, C. K., Pinandito, A., Priandani, D. N., & Ananta, T. M. (2021). Usability improvement of public transit application through mental model and user journey. TELKOMNIKA Telecommunication, Computing, Electronics and Control , Vol. 19(Vol. 19, No. 2, April 2021, p. 397~405), 397–405. http://doi.org/10.12928/telkomnika.v19i2.18323

Darmawan, R. I., Hendradi, P., & Sukmasetya, P. (2022). E-learning user interface design for lecturers based on usability scale system approach (Case Study: E-Learning Universitas Muhammadiyah Magelang) . Borobudur Informatics Review, Vol. 02(Vol. 02 No. 02 (2022) pp. 70-81), 70–81. https://doi.org/10.31603/binr.6750

Fatman, Y., Putri, D. M., & Farisa, H. O. (2023). RANCANGAN SISTEM INFORMASI APLIKASI PENDATAAN ARSIP MEDIA BARU BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE WATERFALL DI UNIT USDG PT KAI (PERSERO). EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(2), 737–757. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i2.858

Galih, G., Muhammad, A., & Imadudin, I. (2023). ANALISIS USER INTERFACE (UI) DAN USER EXPERIENCE (UX) PADA WEBSITE COFFEE SUFI MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(2), 681–693. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i2.1069

Iskandar, I. M. (2024, July 13). UI UX: Kunci Utama Tampilan Visual dan Fungsionalitas Aplikasi. PHINTRACO GROUP.

Matić, F. (2021). Best UI/UX practices in the world of modern IT business applications [Text]. University of Zagreb.

Nurfitri, A., Aknuranda, I., & Az-Zahra, M. H. (n.d.). Pemetaan User Journey untuk Sistem Informasi Praktik Kerja Lapangan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya . Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer , Vol. 3(No. 8, Agustus 2019), 7542–7548.

Putro, H. L., Aini, N. A., Rahmadina, A., Haq, H. H. E., Prakosa, F. R., Nada, S., Fendari, L., & Hidayat, T. A. (2023). Evaluasi Sistem Berbasis Website Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) . Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, Vol.3(Vol. 3, No. 2-Desember 2023, Hal. 54-61), 54–61.

Santoso, B. , H., Desprianto, A. D., Nurrohmah, I., Nursalamah, K. R., & Putra, H. O. , P. (2019). Customer Journey Construction of the Indonesian Open Education Resources Platform. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), Vol. 14(Vol. 14 No. 24 (2019)).

Published
2025-10-02
How to Cite
H, A., & Suranto, B. (2025). FT Perancangan UI/UX Aplikasi Peminjaman Sepeda Di Universitas Islam Indonesia Menggunakan Metode User Journey Map. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 12(4), 1894 -. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i4.1798
Section
Articles