HUBUNGAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 7 MANDREHE
Abstract
Technological Pedadogical Contents Knowledge (TPACK) merupakan pembelajaran yang menggunakan gabungan dari tiga aspek yakni: teknologi, pedagogi, dan konten atau materi pengetahuan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran IPA karena metode pembelajaran yang digunakan masih konvensional dan kurangnya penggunaan teknologi sebagai media dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu: mendeskripsikan hubungan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) terhadap minat belajar peserta didik SMP Negeri 7 Mandrehe. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif analisis dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian di SMP Negeri 7 Mandrehe. Populasi dalam pelaksanaan penelitian ini mencangkup seluruh peserta didik di SMP Negeri 7 Mandrehe dan sampel penelitian yaitu kelas IX dengan jumlahnya sebanyak 26 orang. Teknik pengolahan data menggunakan angket yang merupakan instrumen penelitian yang terdiri dari 2 jenis yaitu: angket minat belajar dan angket TPACK. Hasil penelitian memperoleh rata-rata persentase hasil angket minat belajar peserta didik yaitu 81,36% dengan kriteria tinggi. Sesuai hasil uji korelasi diperoleh nilai korelasinya rata-rata tergolong dalam interval 0,25-0,50 dengan kriteria “cukup kuat”, yang artinya bahwa hubungan antara variabel TPACK (X) dengan variabel minat belajar (Y) mempunyai nilai hubungan atau kolerasi yang cukup kuat.
Downloads
References
Afrida, R. (2024). Peningkatkan Minat Belajar Siswa Dasar Materi Asmaulhusna Menggunakan Pendekatan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK. Jurnal Indonesia Pendidikan Profesi Guru, 1(mor 1).
Elviana, T., Zamroni, E., & Rahardjo, S. (2022). Mengatasi Kesulitan Membagi Waktu Antara Belajar dan Organisasi Melalui Konseling Behavioristik Teknik Self Management. Jurnal Muria Research Guidance and Counseling (MRGC), 1(1), 123–129.
Hamzah, K. K., & dkk. (2023). Pengaruh Pendekatan Technolgical, Pedagogical, And Content, Knowledge (TPACK. Dalam Pada Materi IPA & IPS. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar (Vol. 4, hlm. 1).
Hanik, E. U., & dkk. (2022). Integrasi Pendekatan TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge) dalam Melaksanakan Pembelajaran Era Digital. Journal of Educational Integration and Development, 2, 1.
Jamalulail, Q., & Rochmiyati, S. (2023). Pengaruh Pembelajaran Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 7, 1.
Joshi, A., Vinay, M., & Bhaskar, P. (2020). Online teaching amidst COVID-19 in India: An outlook. Asian Journal of Distance Education, 15(2), 105–111.
Juniantari, M., Setyosari, P., Wedi, A., & Utami, W. B. (2023). Analisis Kondisi Mengetahui Tentang Pengetahuan dan Implementasinya pada Pendidikan Abad 21. Jurnal Filsafat Indonesia, 6(3), 366–375.
Kasim, A., & dkk. (2020). Pemetaaan Pengetahuan Guru Biologi dalam Menerapkan Kerangka Pembelajaran Technology Pedagogical Content Knowledge (TPACK. Jurnal Kreatif Online (JKO, 8, 4.
Maulana, Y. R., & dkk. (2023). Pengaruh Metode Technological Content Knowledge (TPACK) kepada Guru di Sidoarjo. Jurnal Dialektika Pendidikan, 3, 2.
Nabilah, T. M., & Anwar, Y. (2023). Pengaruh Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Guru IPA. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 12, 2.
Nasar, A., & Daud, M. H. (2020). Analisis Kemampuan Guru IPA Tentang Technological Pedagogical Content Knowledge Pada SMP/MTs di Kota Ende. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4, 1.
Nisa, J. K., & dkk. (2024). Implementasi TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) untuk Meningkatkan Kreativitas Guru Sekolah Dasar: Tinjauan Literatur Sistematis. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(mor 3).
Rahayu, N., & dkk. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran. Dalam Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 5, hlm. 2).
Rizti, T. M., & Prihatnani, E. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran 3CM (Cool-Critical-Creative-Meaningfull) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 213–224.
Safitri, H., & dkk. (2022). Pemberdayaan Guru Dalam Pemanfaatan Sumber Belajar Online Matematika Dan Sains Dengan Pendekatan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6, 2.
Sinaga, L., & dkk. (2022). Pengaruh Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru IPA Dalam Mengimplementasikan Lesson Study. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI, 10(mor 3).
Susanto, R., Rachmadtullah, R., & Rachbini, W. (2020). Technological and Pedagogical models. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 1–14.
Tiwan, & Ningsih, T. (2022). Pengaruh Pembelajaran Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK. Jurnal Cakrawala Pendas, 8, 4.
Copyright (c) 2025 Windia Juli Yanti Zai; Hardikupatu Gulo, Agnes Renostini Harefa, Desman Telaumbanua

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.