HUBUNGAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 7 MANDREHE

  • Windia Juli Yanti Zai Universitas Nias Sumatera Utara, Indonesia
  • Hardikupatu Gulo Universitas Nias
  • Agnes Renostini Harefa Universitas Nias
  • Desman Telaumbanua Universitas Nias
Keywords: Pendekatan Pembelajaran, TPACK, Minat Belajar, Sistem Reproduksi Manusia, IPA

Abstract

Technological Pedadogical Contents Knowledge (TPACK) merupakan pembelajaran yang menggunakan gabungan dari tiga aspek yakni: teknologi, pedagogi, dan konten atau materi pengetahuan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran IPA karena metode pembelajaran yang digunakan masih konvensional dan kurangnya penggunaan teknologi sebagai media dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu: mendeskripsikan hubungan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) terhadap minat belajar peserta didik SMP Negeri 7 Mandrehe. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif analisis dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian di SMP Negeri 7 Mandrehe. Populasi dalam pelaksanaan penelitian ini mencangkup seluruh peserta didik di SMP Negeri 7 Mandrehe dan sampel penelitian yaitu kelas IX dengan jumlahnya sebanyak 26 orang. Teknik pengolahan data menggunakan angket yang merupakan instrumen penelitian yang terdiri dari 2 jenis yaitu: angket minat belajar dan angket TPACK. Hasil penelitian memperoleh rata-rata persentase hasil angket minat belajar peserta didik yaitu 81,36% dengan kriteria tinggi. Sesuai hasil uji korelasi diperoleh nilai korelasinya rata-rata tergolong dalam interval 0,25-0,50 dengan kriteria “cukup kuat”, yang artinya bahwa hubungan antara variabel TPACK (X) dengan variabel minat belajar (Y) mempunyai nilai hubungan atau kolerasi yang cukup kuat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrida, R. (2024). Peningkatkan Minat Belajar Siswa Dasar Materi Asmaulhusna Menggunakan Pendekatan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK. Jurnal Indonesia Pendidikan Profesi Guru, 1(mor 1).

Elviana, T., Zamroni, E., & Rahardjo, S. (2022). Mengatasi Kesulitan Membagi Waktu Antara Belajar dan Organisasi Melalui Konseling Behavioristik Teknik Self Management. Jurnal Muria Research Guidance and Counseling (MRGC), 1(1), 123–129.

Hamzah, K. K., & dkk. (2023). Pengaruh Pendekatan Technolgical, Pedagogical, And Content, Knowledge (TPACK. Dalam Pada Materi IPA & IPS. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar (Vol. 4, hlm. 1).

Hanik, E. U., & dkk. (2022). Integrasi Pendekatan TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge) dalam Melaksanakan Pembelajaran Era Digital. Journal of Educational Integration and Development, 2, 1.

Jamalulail, Q., & Rochmiyati, S. (2023). Pengaruh Pembelajaran Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 7, 1.

Joshi, A., Vinay, M., & Bhaskar, P. (2020). Online teaching amidst COVID-19 in India: An outlook. Asian Journal of Distance Education, 15(2), 105–111.

Juniantari, M., Setyosari, P., Wedi, A., & Utami, W. B. (2023). Analisis Kondisi Mengetahui Tentang Pengetahuan dan Implementasinya pada Pendidikan Abad 21. Jurnal Filsafat Indonesia, 6(3), 366–375.

Kasim, A., & dkk. (2020). Pemetaaan Pengetahuan Guru Biologi dalam Menerapkan Kerangka Pembelajaran Technology Pedagogical Content Knowledge (TPACK. Jurnal Kreatif Online (JKO, 8, 4.

Maulana, Y. R., & dkk. (2023). Pengaruh Metode Technological Content Knowledge (TPACK) kepada Guru di Sidoarjo. Jurnal Dialektika Pendidikan, 3, 2.

Nabilah, T. M., & Anwar, Y. (2023). Pengaruh Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Guru IPA. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 12, 2.

Nasar, A., & Daud, M. H. (2020). Analisis Kemampuan Guru IPA Tentang Technological Pedagogical Content Knowledge Pada SMP/MTs di Kota Ende. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4, 1.

Nisa, J. K., & dkk. (2024). Implementasi TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) untuk Meningkatkan Kreativitas Guru Sekolah Dasar: Tinjauan Literatur Sistematis. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(mor 3).

Rahayu, N., & dkk. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran. Dalam Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 5, hlm. 2).

Rizti, T. M., & Prihatnani, E. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran 3CM (Cool-Critical-Creative-Meaningfull) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 213–224.

Safitri, H., & dkk. (2022). Pemberdayaan Guru Dalam Pemanfaatan Sumber Belajar Online Matematika Dan Sains Dengan Pendekatan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6, 2.

Sinaga, L., & dkk. (2022). Pengaruh Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru IPA Dalam Mengimplementasikan Lesson Study. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI, 10(mor 3).

Susanto, R., Rachmadtullah, R., & Rachbini, W. (2020). Technological and Pedagogical models. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 1–14.

Tiwan, & Ningsih, T. (2022). Pengaruh Pembelajaran Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK. Jurnal Cakrawala Pendas, 8, 4.

Published
2025-05-15
How to Cite
Zai, W., Gulo, H., Harefa, A., & Telaumbanua, D. (2025). HUBUNGAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 7 MANDREHE. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 12(3), 1210 - 1231. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i3.1794
Section
Articles