ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR MAHASISWA FARMASI PADA MATA KULIAH STATISTIKA
Abstract
Statistika sebagai salah satu ilmu yang kehadirannya saat ini dirasakan semakin penting untuk keperluan pengembangan bidang keilmuan. Pembelajaran statistika pada bidang farmasi menjadi mata kuliah yang menarik dan sangat dibutuhkan bagi mahasiswa farmasi dalam menganalisis berbagai hasil uji coba dan pengamatan. Akan tetapi, pada pelaksanaannya pembelajaran statistika menjadi salah satu mata kuliah yang sering dianggap sulit dan kurang memberikan manfaat secara langsung dalam keilmuan farmasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor kesulitan belajar mahasiswa farmasi pada mata kuliah statistika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan analisis faktor eksploratori. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner terkait faktor kesulitan belajar mahasiswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini mahasiswa farmasi sebanyak 66 orang mahasiswa yang telah mengisi kuesioner. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil pengujian kedua faktor berdasarkan kondisi internal dan eksternal yang mempengaruhi kesulitan belajar maka dapat terlihat dari 12 faktor yang dianalisis terdapat 9 faktor yang memiliki korelasi secara jelas. Motivasi intrinsik yang bersumber dari diri sendiri seperti kebutuhan dan ketertarikan mahasiwa terhadap perkuliahan statistika memiliki persentase korelasi tertinggi sebesar 70.9% dan pada kondisi eksternal faktor sumber belajar memiliki persentase korelasi tertinggi sebesar 57.5%.
Downloads
References
Amir, Z. and others. (2015). Psikologi pembelajaran matematika. Aswaja Pressindo.
Ariyani, H. (2023). Metodologi Penelitian Kesehatan dan Statisktika. In PT Global Eksekutif Teknologi : Padang (Issue Mi). http://repository.poltekkesbengkulu.ac.id/id/eprint/3038
Bangau Frangki, Muhamad S. Randi P. M. (2024). Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Siswa. In Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Siswa. Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Elfrianto;, Nur’afifah;, Pulungan, L. H., & Irvan. (2025). Panduan Lengkap Analisis Statsitik untuk Penelitian Skripsi, Tesis dan Disertasi. UMSU Press.
Haki, U., & Widodo, J. (2024). Merajut Cakrawala Pemahaman : Epistemologi Ilmu Pendidikan dan Metode Ilmiah dalam Menjelajahi Hakikat serta Batas Ilmu Pengetahuan.
Hartono, J. (2018). Metoda Pengumpulan dan Teknik Analisis Data (Data Collection Methods and Analysis Techniques). Penerbit ANDI.
Haryanti, C. F., & Masriyah. (2018). MATHE dunesa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 197–204. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v14n1.p59-72
Husamah, Pantiwati, Y., Restian, A., & Sumarsono, P. (2018). Belajar dan Pembelajaran. UMM Press.
Kariono. (2024). Transformasi Peran Dosen di Era Artificial Intelligence. Jejak Pustaka.
Lubis, H. Z., Eriska, P., & Bismala, L. (2021). Inovasi Pembelajaran di Masa MBKM (New Normal). UMSU Press.
Maruhawa, I. A., Gulo, H., & Zega, N. A. (2025). Edusaintek : Jurnal Pendidikan , Sains dan Teknologi Kurikulum Pada Pembelajaran IPA di UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli Utara 12(2), 867–889.
Nurdianto, W. B., Juwaedah, A., & Karpin, K. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Statistika Mahasiswa Pendidikan Tata Boga. Media Pendidikan, Gizi, Dan Kuliner, 9(1), 61–64. https://doi.org/10.17509/boga.v9i1.23867
Ririen, D., & Hartika, D. (2021). Identifikasi Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika Selama Masa Pandemi Covid-I9. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 148. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1236
Santoso, P. B., & Hamdani, M. (2010). Stasistika Deskriptif dalam Bidang Ekonomi dan Niaga. Erlangga.
Setiawan. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Tujuan Belajar Dan Pembelajaran. In Uwais Inspirasi Indonesia. UMM Press. https://www.coursehero.com/file/52663366/Belajar-dan-Pembelajaran1-convertedpdf/
Ulhusna, M., Erdriani, D., & Sari, Y. R. (2024). DASAR Universitas Putra Indonesia YPTK Padang , Indonesia Edusaintek : Jurnal Pendidikan , Sains dan Teknologi Vol . 11 ( 1 ) 2024 | 104 PENDAHULUAN Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di setiap jenjang sekolah , baik tingkat sek. 11(1), 104–113.
Copyright (c) 2025 Alifa Sabrina, Farida Tuahuns, Fitri Savitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.