ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR MAHASISWA FARMASI PADA MATA KULIAH STATISTIKA

  • Alifa Sabrina Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan IKIFA
  • Farida Tuahuns Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan IKIFA
  • Fitri Savitri Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan IKIFA
Keywords: : Kesulitan belajar, Mahasiswa farmasi, Statistika, Analisis faktor

Abstract

Statistika sebagai salah satu ilmu yang kehadirannya saat ini dirasakan semakin penting untuk keperluan pengembangan bidang keilmuan. Pembelajaran statistika pada bidang farmasi menjadi mata kuliah yang menarik dan sangat dibutuhkan bagi mahasiswa farmasi dalam menganalisis berbagai hasil uji coba dan pengamatan. Akan tetapi, pada pelaksanaannya pembelajaran statistika menjadi salah satu mata kuliah yang sering dianggap sulit dan kurang memberikan manfaat secara langsung dalam keilmuan farmasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor kesulitan belajar mahasiswa farmasi pada mata kuliah statistika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan analisis faktor eksploratori. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner terkait faktor kesulitan belajar mahasiswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini mahasiswa farmasi sebanyak 66 orang mahasiswa yang telah mengisi kuesioner. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil pengujian kedua faktor berdasarkan kondisi internal dan eksternal yang mempengaruhi kesulitan belajar maka dapat terlihat dari 12 faktor yang dianalisis terdapat 9 faktor yang memiliki korelasi secara jelas. Motivasi intrinsik yang bersumber dari diri sendiri seperti kebutuhan dan ketertarikan mahasiwa terhadap perkuliahan statistika memiliki persentase korelasi tertinggi sebesar 70.9% dan pada kondisi eksternal faktor sumber belajar memiliki persentase korelasi tertinggi sebesar 57.5%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, Z. and others. (2015). Psikologi pembelajaran matematika. Aswaja Pressindo.

Ariyani, H. (2023). Metodologi Penelitian Kesehatan dan Statisktika. In PT Global Eksekutif Teknologi : Padang (Issue Mi). http://repository.poltekkesbengkulu.ac.id/id/eprint/3038

Bangau Frangki, ‎Muhamad S. ‎Randi P. M. (2024). Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Siswa. In Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Siswa. Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Elfrianto;, Nur’afifah;, Pulungan, L. H., & Irvan. (2025). Panduan Lengkap Analisis Statsitik untuk Penelitian Skripsi, Tesis dan Disertasi. UMSU Press.

Haki, U., & Widodo, J. (2024). Merajut Cakrawala Pemahaman : Epistemologi Ilmu Pendidikan dan Metode Ilmiah dalam Menjelajahi Hakikat serta Batas Ilmu Pengetahuan.

Hartono, J. (2018). Metoda Pengumpulan dan Teknik Analisis Data (Data Collection Methods and Analysis Techniques). Penerbit ANDI.

Haryanti, C. F., & Masriyah. (2018). MATHE dunesa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 197–204. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v14n1.p59-72

Husamah, Pantiwati, Y., Restian, A., & Sumarsono, P. (2018). Belajar dan Pembelajaran. UMM Press.

Kariono. (2024). Transformasi Peran Dosen di Era Artificial Intelligence. Jejak Pustaka.

Lubis, H. Z., Eriska, P., & Bismala, L. (2021). Inovasi Pembelajaran di Masa MBKM (New Normal). UMSU Press.

Maruhawa, I. A., Gulo, H., & Zega, N. A. (2025). Edusaintek : Jurnal Pendidikan , Sains dan Teknologi Kurikulum Pada Pembelajaran IPA di UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli Utara 12(2), 867–889.

Nurdianto, W. B., Juwaedah, A., & Karpin, K. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Statistika Mahasiswa Pendidikan Tata Boga. Media Pendidikan, Gizi, Dan Kuliner, 9(1), 61–64. https://doi.org/10.17509/boga.v9i1.23867

Ririen, D., & Hartika, D. (2021). Identifikasi Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika Selama Masa Pandemi Covid-I9. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 148. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1236

Santoso, P. B., & Hamdani, M. (2010). Stasistika Deskriptif dalam Bidang Ekonomi dan Niaga. Erlangga.

Setiawan. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Tujuan Belajar Dan Pembelajaran. In Uwais Inspirasi Indonesia. UMM Press. https://www.coursehero.com/file/52663366/Belajar-dan-Pembelajaran1-convertedpdf/

Ulhusna, M., Erdriani, D., & Sari, Y. R. (2024). DASAR Universitas Putra Indonesia YPTK Padang , Indonesia Edusaintek : Jurnal Pendidikan , Sains dan Teknologi Vol . 11 ( 1 ) 2024 | 104 PENDAHULUAN Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di setiap jenjang sekolah , baik tingkat sek. 11(1), 104–113.

Published
2025-05-26
How to Cite
Sabrina, A., Tuahuns, F., & Savitri, F. (2025). ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR MAHASISWA FARMASI PADA MATA KULIAH STATISTIKA. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 12(3), 1283 - 1292. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i3.1786
Section
Articles