KENYAMANAN RUMAH (TUTUR BAHASA, CARA MENDIDIK, PENGETAHUAN AGAMA ORANG TUA) TERHADAP IPK MAHASISWA
Abstract
Datangnya pandemic covid-19 ke Indonesia pada awal tahun 2020 telah merubah gaya hidup mahasiswa yang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah untuk belajar ataupun menyelesaikan tugas-tugas perkuliahan. Meningkatnya aktivitas mahasiswa di rumah menumbuhkan keperluan akan rasa nyaman ketika berada di dalamnya sehingga dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki untuk belajar atau mengerjakan tugas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi yang didukung dengan angket. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini berupa uji validitas produk moment & reliabilitas alpha Cronbach, uji korelasi pearson untuk mengetahui hubungan dua variabel, uji paired t-test untuk mengetahui signifikansi hubungan dua variabel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kenyamanan rumah mempunyai hubungan yang positif terhadap indeks prestasi mahasiswa. Besarnya hubungan kedua variabel tersebut dalam kategori kuat, hal ini ditunjukkan oleh hasil pearson correlation yang didapat sebesar 0.648. Kedua variabel mempunyai hubungan yang signifikan berdasarkan hasil perhitungan uji paired t-test, dimana hasil perhitungan sebesar 0.002 yang lebih kecil dari pada 0.05. Selain perhitungan statistic, hasil penelitian menunjukkan berdasarkan hasil respon mahasiswa dimana 97,3% mahasiswa setuju sedangkan 2,7% mahasiswa tidak setuju kenyamanan rumah mempunyai peranan penting.
Downloads
References
Adi, N. P. & Faisal, V. I. A. (2021). Development of PIAUD Science Learning Media (PSLM) Based on Wonosobo Local Wisdom. In Proceeding of the 6th International Seminar on Science Education, Atlantis Press, 648-654.
Adi, N. P. (2023). Integration of Wonosobo Local Wisdom in the Development of Science Worked Example to Improve Science Literacy. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, Vol 9 (1), 124-130.
Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Edisi: 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Curahman, (2020). Pengaruh Lingkungan Kampus, Motivasi Mahasiswa dan Faktor-Faktor Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Akuntasi di Kabupaten Subang. PRISMA: Platform Riset Mahasiswa Akutansi, Vol 1 (4), 99-111.
Fadillah, ST. (2023). Perbedaan Indeks Prestasi Komulatif (Ipk) Mahasiswa Fkip Um Parepare Berdasarkan Tempat Tinggal. Tautologi: Journal of Mathematics Education, Vol 1 (1), 35-39.
Haryanti, W., Adisel, Syafitri, F. S., Suryati. (2021). Pengaruh Media Dua Dimensi Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Journal Of Elementary School, Vol 4 (2), 160-165.
Indriyani, R. (2022). Pengaruh Asal Sekolah dan Tempat Tinggal Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Kesehatan Wiraraja Medika, Vol 6 (1), 34-39.
Jabnabillahti, F. & Margina, N. (2022). Analisis Korelasi Pearson dalam Menentukan Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Kemandirian Belajar pada Pembelajaran Daring. Jurnal Sintak, Vol 1 (1), 14-18.
Lestiyanawati, R. & Adi, N. P. (2021). Persepsi Orang Tua Terhadap Sistem Pembelajaran Online Siswa SD di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Validitas dan Reliabilitas Instrumen). Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, Vol 1 (7), 275-279.
Munira, R., Fonna, T., Nadia, S., & Marsitah, I. (2024). Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa di Universitas Almuslim. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 1 (4), 1-12.
Oktaviona, L. N. (2019). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Akuntansi, Vol 1 (2), 42-46.
Pratama, R., Aisyah, S. A., Putra, A. M., Sirodj, R. A., & Afgan, M. W. (2023). Correlation Research. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol 6 (3), 1754-1759.
Purwani, R., Soleha, M., & Sepiwiryanti, W. (2023). Hubungan Minat dan Lingkungan Keluarga Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa DIII Kebidanan Semester II di Akbid Prima Husada Bogor Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Abduranham Palembang, Vol 12 (1), 24-29.
Putrie, C. A. R. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Minat Belajar terhadap Indeks Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Panca Sakti Bekas. Jurnal Lembaran Ilmu Kependidikan, Vol 49 (1), 7-12.
Renaldi, M., Syamsuyurnita, Saragih, M., & Nasution, I. S. (2024). Pengaruh Model Discovery Learning pada Materi PKN Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains, dan Teknologi, Vol 11 (2), 473-482.
Risma, N. & Hanif, M. (2024). Peran Lingkungan Keluarga dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa PAI UIN K.H. Abdurrahman Wahid. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, Vol 2 (4), 81-91.
Sanaky, M. M., Soleh, L. M., & Titaley, H. D. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, Vol 11 (1), 432-439.
Seituni, S. (2019). Pengaruh Hasil Belajar Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Karakter Terhadap Perkembangan Perilaku Mahasiswa di Perguruan Tinggi Umum. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan Sains dan Teknologi, Vol 6 (1), 1-12.
Setiawan, F., Rahmadi, I., & Siregar, N. (2021). Kondisi fisik rumah dan efeknya terhadap performa akademik mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19 (2), 92-101.
Slamet, R. & Wahyuningsih, S. (2023). Validitas Dan Reliabilitas Terhadap Instrumen Kepuasan Kerja. ALIANSI: Jurnal Menejemen Bisnis, Vol 5 (1), 51-58.
Subagio, Muliyani, S. E., Muliadi, A. (2021). Pengaruh Lingkungan Kampus Terhadap Motivasi Belajar, Vol 8 (2), 275-284.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarumasely, Y. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Pemahaman Konsep Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Self Regulated Learning. Jurnal Pendidikan dan Kewarganegaraan, Vol 8 (1), 54-65.
Tulaka, T. (2022). Pengaruh Lingkungan Tempat Tinggal Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan FATEK UNIMA. LANGSAT : Jurnal Pendidikan dan Sosial, Vol 9 (1), 45-51.
Utami, Y., Rasmana, P. M., & Khairunnisa. (2023). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrument Penilaian Kinerja Dosen. SAINTEK: Jurnal Sains dan Teknologi, Vol 4 (2), 21-24.
Zulfikar, R., Sari, F. P., Fatmawati, A., Wandini, K., Haryati, T., Jumini, S., Nurjanah, Annisa, S., Budi, O., Kusumawardhani, Mutiah, R., Linggi, A. I., & Fadillah, H. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Widiana Media Utama.
Copyright (c) 2025 Nugroho Prasetya Adi, Rochyani Lestiyanawati, Zhul Fahmy Hasani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.