KENYAMANAN RUMAH (TUTUR BAHASA, CARA MENDIDIK, PENGETAHUAN AGAMA ORANG TUA) TERHADAP IPK MAHASISWA

  • Rochyani Lestiyanawati Universitas Sains Al-Qur'an
  • Zhul Fahmy Hasani Universitas Sains Al-Qur'an
  • Nugroho Prasetya Adi Universitas Sains Al-Qur'an
Keywords: Kenyamanan Rumah, Tutur Bahasa, Cara Mendidik, Pengetahuan Agama Orang Tua, Indeks Prestasi Mahasiswa

Abstract

Datangnya pandemic covid-19 ke Indonesia pada awal tahun 2020 telah merubah gaya hidup mahasiswa yang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah untuk belajar ataupun menyelesaikan tugas-tugas perkuliahan. Meningkatnya aktivitas mahasiswa di rumah menumbuhkan keperluan akan rasa nyaman ketika berada di dalamnya sehingga dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki untuk belajar atau mengerjakan tugas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi yang didukung dengan angket. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini berupa uji validitas produk moment & reliabilitas alpha Cronbach, uji korelasi pearson untuk mengetahui hubungan dua variabel, uji paired t-test untuk mengetahui signifikansi hubungan dua variabel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kenyamanan rumah mempunyai hubungan yang positif terhadap indeks prestasi mahasiswa. Besarnya hubungan kedua variabel tersebut dalam kategori kuat, hal ini ditunjukkan oleh hasil pearson correlation yang didapat sebesar 0.648. Kedua variabel mempunyai hubungan yang signifikan berdasarkan hasil perhitungan uji paired t-test, dimana hasil perhitungan sebesar 0.002 yang lebih kecil dari pada 0.05. Selain perhitungan statistic, hasil penelitian menunjukkan berdasarkan hasil respon mahasiswa dimana 97,3% mahasiswa setuju sedangkan 2,7% mahasiswa tidak setuju kenyamanan rumah mempunyai peranan penting.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, N. P. & Faisal, V. I. A. (2020). Analisis Kelayakan Materi PIAUD Science Learning Media (PSLM) Berbasis Wonosobo Local Wisdom. Jurnal Golden Age, Vol 4, No.1, 59-68.
Adi, N. P. & Faisal, V. I. A. (2021). Development of PIAUD Science Learning Media (PSLM) Based on Wonosobo Local Wisdom. In Proceeding of the 6th International Seminar on Science Education, Atlantis Press, 648-654.
Adi, N. P. (2023). Integration of Wonosobo Local Wisdom in the Development of Science Worked Example to Improve Science Literacy. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, Vol 9 (1), 124-130.
Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Edisi: 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Curahman, (2020). Pengaruh Lingkungan Kampus, Motivasi Mahasiswa dan Faktor-Faktor Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Akuntasi di Kabupaten Subang. PRISMA: Platform Riset Mahasiswa Akutansi, Vol 1 (4), 99-111.
Fadillah, ST. (2023). Perbedaan Indeks Prestasi Komulatif (Ipk) Mahasiswa Fkip Um Parepare Berdasarkan Tempat Tinggal. Tautologi: Journal of Mathematics Education, Vol 1 (1), 35-39.
Haryanti, W., Adisel, Syafitri, F. S., Suryati. (2021). Pengaruh Media Dua Dimensi Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Journal Of Elementary School, Vol 4 (2), 160-165.
Indriyani, R. (2022). Pengaruh Asal Sekolah dan Tempat Tinggal Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Kesehatan Wiraraja Medika, Vol 6 (1), 34-39.
Jabnabillahti, F. & Margina, N. (2022). Analisis Korelasi Pearson dalam Menentukan Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Kemandirian Belajar pada Pembelajaran Daring. Jurnal Sintak, Vol 1 (1), 14-18.
Lestiyanawati, R. & Adi, N. P. (2021). Persepsi Orang Tua Terhadap Sistem Pembelajaran Online Siswa SD di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Validitas dan Reliabilitas Instrumen). Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, Vol 1 (7), 275-279.
Munira, R., Fonna, T., Nadia, S., & Marsitah, I. (2024). Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa di Universitas Almuslim. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 1 (4), 1-12.
Oktaviona, L. N. (2019). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Akuntansi, Vol 1 (2), 42-46.
Pratama, R., Aisyah, S. A., Putra, A. M., Sirodj, R. A., & Afgan, M. W. (2023). Correlation Research. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol 6 (3), 1754-1759.
Purwani, R., Soleha, M., & Sepiwiryanti, W. (2023). Hubungan Minat dan Lingkungan Keluarga Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa DIII Kebidanan Semester II di Akbid Prima Husada Bogor Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Abduranham Palembang, Vol 12 (1), 24-29.
Putrie, C. A. R. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Minat Belajar terhadap Indeks Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Panca Sakti Bekas. Jurnal Lembaran Ilmu Kependidikan, Vol 49 (1), 7-12.
Renaldi, M., Syamsuyurnita, Saragih, M., & Nasution, I. S. (2024). Pengaruh Model Discovery Learning pada Materi PKN Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains, dan Teknologi, Vol 11 (2), 473-482.
Risma, N. & Hanif, M. (2024). Peran Lingkungan Keluarga dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa PAI UIN K.H. Abdurrahman Wahid. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, Vol 2 (4), 81-91.
Sanaky, M. M., Soleh, L. M., & Titaley, H. D. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, Vol 11 (1), 432-439.
Seituni, S. (2019). Pengaruh Hasil Belajar Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Karakter Terhadap Perkembangan Perilaku Mahasiswa di Perguruan Tinggi Umum. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan Sains dan Teknologi, Vol 6 (1), 1-12.
Setiawan, F., Rahmadi, I., & Siregar, N. (2021). Kondisi fisik rumah dan efeknya terhadap performa akademik mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19 (2), 92-101.
Slamet, R. & Wahyuningsih, S. (2023). Validitas Dan Reliabilitas Terhadap Instrumen Kepuasan Kerja. ALIANSI: Jurnal Menejemen Bisnis, Vol 5 (1), 51-58.
Subagio, Muliyani, S. E., Muliadi, A. (2021). Pengaruh Lingkungan Kampus Terhadap Motivasi Belajar, Vol 8 (2), 275-284.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarumasely, Y. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Pemahaman Konsep Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Self Regulated Learning. Jurnal Pendidikan dan Kewarganegaraan, Vol 8 (1), 54-65.
Tulaka, T. (2022). Pengaruh Lingkungan Tempat Tinggal Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan FATEK UNIMA. LANGSAT : Jurnal Pendidikan dan Sosial, Vol 9 (1), 45-51.
Utami, Y., Rasmana, P. M., & Khairunnisa. (2023). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrument Penilaian Kinerja Dosen. SAINTEK: Jurnal Sains dan Teknologi, Vol 4 (2), 21-24.
Zulfikar, R., Sari, F. P., Fatmawati, A., Wandini, K., Haryati, T., Jumini, S., Nurjanah, Annisa, S., Budi, O., Kusumawardhani, Mutiah, R., Linggi, A. I., & Fadillah, H. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Widiana Media Utama.
Published
2025-07-03
How to Cite
Lestiyanawati, R., Hasani, Z., & Adi, N. (2025). KENYAMANAN RUMAH (TUTUR BAHASA, CARA MENDIDIK, PENGETAHUAN AGAMA ORANG TUA) TERHADAP IPK MAHASISWA. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 12(3), 1436 - 1447. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i3.1747
Section
Articles