PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PEMBELAJARAN IPA KELAS VI PASCA PANDEMI COVID 19 DI SEKOLAH DASAR ISLAM NURUL AZHAR CIPADU KOTA TANGERANG

  • Afini Riani Dewi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
  • Iswan Iswan Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
  • Sholehuddin Sholehuddin Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
Keywords: Peran Guru, Motivasi Belajar, Pembelajaran IPA

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa setelah pandemi akibat kebiasaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang dilakukan di rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar IPA, metode yang digunakan, serta hambatan dan solusi yang dihadapi. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Islam Nurul Azhar, Cipadu, dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Responden terdiri dari dua guru dan enam siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki berbagai peran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, yaitu sebagai demonstrator, pengelola kelas, mediator, fasilitator, motivator, dan evaluator. Metode pembelajaran yang diterapkan meliputi penugasan, ceramah, demonstrasi, diskusi-presentasi, tanya jawab, latihan, dan simulasi. Dalam proses pembelajaran, guru menghadapi berbagai tantangan seperti perbedaan tingkat motivasi siswa, kebosanan, kantuk, sering ke toilet, kurangnya minat belajar, bermain game, mengobrol, menurunnya semangat saat sakit, suasana kelas yang berisik, serta frustrasi yang dialami siswa. Untuk mengatasi hambatan tersebut, guru menerapkan berbagai strategi, seperti bermain kuis, bernyanyi, ice breaking, membangun komunikasi dan kedekatan emosional dengan siswa, serta memberikan motivasi dan pujian. Penelitian ini memberikan manfaat bagi guru dalam memahami strategi efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pasca-pandemi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Azmi, M. N., Mansur, H., & Utama, A. H. (2024). Potensi Pemanfaatan Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Di Era Digital. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 211–226. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v12i1.9746

Fadillah, A. P. N., & Harmanto, H. (2022). Upaya guru PPKn dalam menciptakan student wellbeing di SMA Negeri 1 Krian. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK, 4(5), 3859–3878.

Hasibuan, Y. (2024). Eksplorasi peran guru Islam sebagai mediator konflik siswa di sekolah dasar. Jurnal Kualitas Pendidikan, 2(2). https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/jkp

Ina Magdalena, Gilang Ramadhan, Hasanah Dwi Wahyuni, & Nabilah Dwi Safitri. (2023). Pentingnya Proses Evaluasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(3), 167–176. https://doi.org/10.59059/tarim.v4i3.220

Jainiyah. (2023). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6). https://jmi.rivierapublishing.id/index.php/rp

Meri, E. G., & Mustika, D. (2022). Peran guru dalam pembelajaran di kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 200–208. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5197

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Analisis data kualitatif (T. R. Rohidi, Trans.). Penerbit Universitas Indonesia.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Rohartati, S. (2022). Analisis dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran daring di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 249–258.

Sagala, S. (2009). Konsep dan makna pembelajaran. Alfabeta.

Sari, I. N., Lestari, L. P., Kusuma, D. W., Mafulah, S., Brata, D. P. N., Iffah, J. D. N., Widiatsih, A., Utomo, E. S., Maghfur, I., & Sofiyana, M. S. (2022). Metode penelitian kualitatif. Unisma Press.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2007). Metode penelitian pendidikan. Rosdakarya.

Usman, U. (2007). Menjadi guru profesional. In I-XXII. Remaja Rosdakarya.

Published
2025-04-28
How to Cite
Dewi, A. R., Iswan, I., & Sholehuddin, S. (2025). PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PEMBELAJARAN IPA KELAS VI PASCA PANDEMI COVID 19 DI SEKOLAH DASAR ISLAM NURUL AZHAR CIPADU KOTA TANGERANG. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 12(2), 1146 - 1156. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i2.1740
Section
Articles