PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN HUBUNGAN EMOSIONAL UNTUK MENCEGAH DEGRADASI MORAL PESERTA DIDIK SMK WIRAKARYA 2 CIPARA

  • Fitria Faizah Hilman Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Nia Kaniasih Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Nursyifa Aprillia Dewi Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Ricky Yoseptry Universitas Islam Nusantara, Indonesia
Keywords: Peran orang tua, Hubungan emosional, Degradasi moral

Abstract

Pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di SMK Wirakarya 2 bertujuan untuk mencegah degradasi moral peserta didik melalui pendekatan yang bertahap dan berkelanjutan. Pihak sekolah menyadari pentingnya program-program yang mendukung pencegahan degradasi moral, salah satunya adalah inisiasi program sekolah yang berfokus pada hal tersebut. Selain itu, program parenting untuk orang tua diperkenalkan sebagai langkah strategis untuk mendukung perkembangan moral peserta didik. Orang tua diharapkan aktif terlibat dalam proses tumbuh kembang anak dengan menanamkan akhlak sejak dini. Pada usia remaja, khususnya saat anak berada di tingkat SMK, hubungan emosional antara orang tua dan anak harus terus dijaga melalui komunikasi yang baik, kedekatan, dan penyelesaian masalah bersama. Hal ini menunjukkan bahwa kolaborasi antara sekolah dan orang tua memiliki peran penting dalam membangun moral peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad Sanusi, Prof. Dr. (2018). SISTEM NILAI : Alternatif Wajah-Wajah Pendidikan. Bandung : Penerbit Nuansa Cendikia

Amelia., Sumarni,Sri. (2022). Peran orang tua dalam mengoptimalkan perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun.Jurnal Pendidikan Anak, Volume 11 (2), 2022, 171-180. DOI http://dx.doi.org/10.21831/jpa.v11i2.55121

Aminati,Kuni., Rokhmaniyah, Chamdani, Muhamad. (2022). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Dalam Belajar Terhadap Prestasi Akademik Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Buluspesantren Tahun Ajaran 2020/2021. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Volume 10 Nomor 01 Tahun 2022 hal 43-49. DOI : https://doi.org/10.20961/jkc.v10i1.55033

Badriyah, Laila., Masfufah., Rodiyah,Kholidatur., Chasanah,Abidatul., Abdillah, Moh Arifudin. (2021). Implementasi Pembelajaran P5 dalam Membentuk Karakter Bangsa di Era Society 5.0. Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development , Vol. 1, No. 2 (Desember 2021) hal 65-83. DOI : https://doi.org/10.37680/absorbent_mind.v1i02.3638

Baluwa, Moh. Rivaldiansyah., Nadjamuddin ,Asriyati. (2022). Pola Kerjasama Antara Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Educator Volume 3 Nomor 1 (Juli 2022) EDUCATOR : Directory of Elementary Education Journal ISSN (Online) : 2746-4253 hal 61-74. DOI : https://doi.org/10.58176/edu.v3i1.591

dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Desmita (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung. PT.Remaja Rosdakarya

Dewantara, Agustinus W Dr, S.S, M.Hum. (2017). Filsafat Moral : Pergumulan Etis Keseharian Hidup Manusia. Yogyakarta : PT. Kanisius

Dr. Meriyati, M.Pd . (2015) Memahami Karakteristik Anak. Bandar Lampung

Estari, Aan Whiti. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran.SHEs: Conference Series 3 (3) (2020) 1439 – 1444 DOI : https://doi.org/10.20961/shes.v3i3.56953

Guspianto.,Yunita, Livia.,Ningsih, Vinna Rahayu.(2022). Hubungan Peran Orang Tua Dengan Kesehatan Mental Anak Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. JMJ, Volume 10, Nomor 1 Mei 2022, Hal: 138-147. DOI : https://doi.org/10.22437/jmj.v10i1.17807

Hadian, Vini Agustiani., Maulida,Dewinta Arum ., Faiz, Aiman. (2022). Peran Lingkungan Keluarga Dalam Pembentukan Karakter. Jurnal Education and development, Vol.10 No.1 Edisi Januari 2022 Hal 240 – 246. https://media.neliti.com/media/publications/562487-peran-lingkungan-keluarga-dalampembentuk-792fa7de.pdf

Hakim, Lukman., Mustafa, Pinton Setya. (2023). Perkembangan Peserta Didik dalam Pembelajaran. Mataram : CV. Pustaka Egaliter

Hakim, Nur.,Dewi, Ririn Nurlafika.,Herianingtyas, Nur Luthfi Rizqa. (2023). Hubungan Orang Tua Dan Guru Dalam Mencegah Bullying. Awwaliyah: Jurnal PGMI, Volume 6 Nomor 2 Tahun 2023 p-ISSN: 2621-5446 e-ISSN: 2656-7296, DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v6i2.1739

Hamdani Ihsan dan Fuad Ihsan. (2007). Filsafat Pendidikan Islam,. Pustaka Setia.

Hasbullah. (2009). Dasar-dasar ilmu pendidikan. Raja Grafindo Persada.

ISSN: 1412-9310 Vol. 12, 2014 hal 1-13. https://media.neliti.com/media/publications/486719-none-1cbc2ce9.pdf

Khusniyah, Tri Wardati., Fauziyah, Puji Yanti., Mustadi, Ali. (2023). Keterlibatan Orang Tua Dan Kerjasama Sekolah Dalam Pendidikan Siswa Sekolah Dasar: Studi Kepustakaan. Progres Pendidikan Vol. 4, No. 3, September 2023, pp. 193~199, p-ISSN: 2721-3374, e-ISSN: 2721-9348, DOI: 10.29303/prospek.v4i3.447. https://www.researchgate.net/publication/374725822_KETERLIBATAN_ORANG_TUA_DAN_KERJASAMA_SEKOLAH_DALAM_PENDIDIKAN_SISWA_SEKOLAH_DASAR_STUDI_KEPUSTAKAAN

Kurniawati, Ani., dan Basuki. (2023). MEMBANGUN HUBUNGAN YANG BAIK ANTARA GURU DAN SISWA. KURIKULA: JURNAL PENDIDIKAN VOLUME, 7 No 2 .https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/kurikula/index

Natsir, Nanat Fatah., Aisyah, Ade., Hasbiyallah, dan Ihsan, Mahlil Nurul.(2018) Mutu Pendidikan : Kerjasama Guru dan Orang Tua. Jurnal MUDARRISUNA Vol. 8 No. 2 July-Desember 2018 pp. 311-327. DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v8i2.33150

Pradipta,Ditya., Mulyadi,Sima., Rahman, Taopik. (2021). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal PAUD AGAPEDIA, Vol 5, No 2 Hal 211-218.Doi: https://doi.org/10.17509/jpa.v5i2.40744

Pratiwi, Ni Kadek Santya . (2018). Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar Volume. 3, Nomor 1 April 2018 ISSN: 2527-5445, http://dx.doi.org/10.25078/aw.v3i1.908 http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW

Prihatmojo,Agung ., Badawi. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Mencegah Degradasi Moral di Era 4.0. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 4 (1) (2020) 142-152, DOI : https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.41129

Rantauwati, Henny Sri. (2020). Kolaborasi Orang Tua Dan Guru Melalui Kubungortu Dalam Pembentukan Karakter Siswa SD. Jurnal Wuny. Vol 2, No.1 Hal. 116-130. DOI : http://dx.doi.org/10.21831/jwuny.v2i1.30951

Revalina, Atiqah., Moeis, Isnarmi., Indrawadi, Junaidi. (2023). Degradasi Moral siswa dalam penerapan nilai-nilai Pancasila ditinjau dari makna dan hakikat Pendidikan kewarganegaraan sebagai Pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, Volume 14 Nomor 1 Hal 53-62,DOI : https:// 10.2181/jpka.v1411.57131

Sagala, Syaiful, Prof.Dr.H.,S.Sos. (2013).Etika Dan Moralitas Pendidikan : Peluang dan Tantangan. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.

Sari,Mela Permata ., Khotimah, Nurul. (2021). Hubungan Peran Orang Tua Dalam Mendukung Kegiatan Belajar Dengan Perkembangan Moral Anak. Kumara Cendekia Vol. 9 No. 3, DOI : https://doi.org/10.20961/kc.v9i3.53912

Septiana, Reza.,Aziz, Thoriq Abdul. (2023).Studi Membangun Karakter Kerjasama Orang Tua Dan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik.Melior : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia Vol. 3 No. 1 Mei Tahun 2023 | Hal. 28 – 32. DOI : http://dx.doi.org/10.56393/melior.v3i1.1650

Sholikha, Juliatus .,Irwanto.,N, Nur Ainy Fardana. (2019).Kualitas Interaksi Orang Tua Dan Anak Terhadap Perkembangan Emosional Anak. Original Research Indonesian Midwifery and Health Sciences Journal, Vol.3, No. 3 hal 243-248. DOI : https://doi.org/10.20473/imhsj.v3i3.2019.243-248

Sobur, Alex. (2016). Psikologi Umum. Bandung : Pustaka Setia.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,

Suryabrata, Sumadi. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Taliawo, Oni. (2019). Hubungan Kerja Sama Antara Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Smp Negeri Satu Atap 1 Desa Buo Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat Maluku Utara. HOLISTIK, Journal of Social and Culture, Vol. 12 No. 3, Hal 1-19. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/25481

Trihastuti, Maria Claudia Wahyu.(2014). Hubungan Antara Kedekatan Emosional Siswa Pada Orangtua Dan Keberadaan Psikologis Siswa. Jurnal Psiko-Edukasi, Mei (1-13)

Triwardhani, Ike Junita.,Trigartanti ,Wulan., Rachmawati ,Indri., Putra , Raditya Pratama. (2020). Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, Volume 8, No. 1, Juni 2020, hlm. 99-113. DOI : https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620

Wahyuningsih, Sri Endah.,Maghfiroh ,Anik.,lfatia, Ainaya A.,Hafizshah,Zahra. (2023). Peran Orang Tua Sebagai Pendidik Anak Dalam Keluarga. Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/375922237.

Published
2025-02-13
How to Cite
Hilman, F., Kaniasih, N., Dewi, N., & Yoseptry, R. (2025). PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN HUBUNGAN EMOSIONAL UNTUK MENCEGAH DEGRADASI MORAL PESERTA DIDIK SMK WIRAKARYA 2 CIPARA. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 12(2), 620 - 628. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i2.1643
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>